#iniruangkuDaerahHeadLine

Akibat Banjir Bandang KBB Jalan Penghubung Padalarang-Kota Cimahi Amblas

Mediatataruang.com– Jalan utama penghubung Padalarang – Kota Cimahi nyaris terputus. Sebab, kondisi bahu jalan yang menganga hingga 15 meter lebih dan lebar 5 meter. Hal itu sangat membahayakan pengendara.

Seperti diketahui, bahu jalan yang berdekatan dengan jembatan Cihaur Geulis itu amblas saat hujan deras pada Selasa (31/12/2019). Tepat dibawahnya adalah aliran Sungai Cihaur Geulis yang meluap saat hujan deras.

Amblasnya bahu jalan itu menyebabkan arus lalu lintas dari Padalarang menuju Kota Cimahi dan sekitarnya maupun sebaliknya menjadi tersendat. Sebab sebagian jalannya dipakai untuk memasang pembatas.

“Sangat bahaya. Kalo gak diantisipasi bisa terputus (jalan),” kata Aa Umbara saat ditemui di Ngamprah, Kamis (2/1/2019).

Aa Umbara mengatakan, pihaknya hanya akan melaporkan kejadian itu kepada pemerintah pusat mengingat memang status jalannya bukan milik kabupaten. “Kita bikin surat, laporan. Mudah-mudahan cepat tanggap,” ucapnya.

Sementara pihak dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumaahan Rakyat (PUPR) sudah meninjau langsung ke lokasi amblasnya jalan pada Rabu (1/1/20202. Pelaksana Lapangan Kemen PUPR Asep mengatakan, penyebab amblasnya bahu jalan untuk sementara ini dikarenakan derasnya air.

“Sebabnya karena derasnya air, sekitar pukul lima. Kami melakukan penanganan memasang rambu pengaman,” katanya.

Salah seorang warga menuturkan, sebelum bahu jalan itu amblas ia sempat berada di jembatan Cihaur Geulis. “Waktu itu udah hujan besar. Saya udah curiga akan banjir soalnya banyak sampah. Terus jembatan juga sempet bergetar,” ujarnya. 

Tak lama setelah itu, air yang deras keluar dari lahan kosong masuk ke jalan dan sela-sela galian baru yang tepat berada diposisi bahu jalan yang amblas. “Kalau amblasnya kurang tau percis, tapi sepertinya gak sekaligus,” terangnya.

Menurutnya, amblasnya bahu jalan itu berdampak terhadap dua bangunan yang digunakan sebagai tempat usaha bengkel las dan barang bekas yang ikut tergerus.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close