#iniruangkuHeadLineLifestyle

Pendidikan Cinta Lingkungan Sejak Dini Ciptakan Kader Konservasi Masa Depan

Mediatataruang.com – Pohon menjadi unsur utama dalam menjaga keselarasan lingkungan. Pohonlah yang mengeluarkan oksigen dan menyerap karbondioksida, udara menjadi segar. Pohon juga menjadi peneduh dalam cuaca panas dan hujan. Sedangkan akarnya, menyimpan air dan menahan tanah agar tidak erosi.

Sayangnya perilaku menebang pohon berbanding terbalik dengan menanam pohon. Terlalu banyak pohon yang ditebang manusia dengan berbagai alasan. Tetapi hanya sedikit yang memiliki kesadaran untuk menanam kembali.

Untuk mencegah hal itu, pembelajaran tentang pentingnya menanam pohon terus ditularkan. Salah satunya, melalui sejumlah program pelestarian lingkungan yang dimulai dari sekolah sejak dini, seperti yang dilaksanakan oleh murid-murid Taman Kanak-kanak se-Kabupaten Sumedang di International Green School, Sumedang Utara, Rabu (22/01/2020).

Kegiatan yang digagas oleh Kelompok pecinta lingkungan Gelap Nyawang Nusantara ini diawali dari rasa keprihatinan dengan semakin banyaknya bencana yang terjadi akibat dari maraknya penebangan pohon dan semakin rusaknya lingkungan.

“Yang utama dari kegiatan ini adalah mengajak dan menciptakan Kader-kader Konservasi dan Lingkungan hidup yang militan dari sejak usia dini”, Ujar asep Riyadi.

Asep Riyadi menambahkan, bahwa program pengenalan penghijauan Lingkungan yang dilakukan ini merupakan bagian dari kepedulian dan tanggung jawab sosial Internasional Green School dalam menjaga lingkungan yang didukung oleh BPDASHL Cimanuk Citanduy.

“Dalam acara ini dijelaskan manfaat atas pohon dengan ditanam agar bisa menahan aliran permukaan atau erosi dan diperlihatkan melalui alat peraga sederhana yang di buat oleh murid-murid dari Green School, jadi bisa di mengerti oleh anak seusia mereka”. Imbuhnya.

Yang utama dalam kegiatan tersebut, bagaimana memperkenalkan sebagian Jenis Jenis pohon baik jenis buah-buahan,jenis kayu-kayuan berikut manfaat bagi alam dan kehidupan.

“Inilah yang paling penting, yaitu menciptakan sumberdaya manusianya mulai usia dini, diharapkan  menjadi kader konservasi khususnya di Kabupaten Sumedang yang mengerti akan manfaat pohon bagi kehidupan serta bahaya ancaman dan pengrusakan pohon dan lingkungan yang menjadi penyebab bencana seperti yang masih terjadi saat ini”. Pungkasnya. (Uwo-)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close