DaerahHeadLine

Dana Kompensasi Sutet Tak Kunjung Cair, Warga Pondok Bahar Tagih Janji Ke PLN

Mediatataruang.com– Saluran listrik udara atau Saluran Udara Tegangan Tinggi (Sutet) adalah sebuah struktur yang digunakan dalam transmisi dan distribusi tenaga listrik untuk menghantarkan listrik ke tempat yang jauh. Saluran dapat terdiri dari satu atau lebih konduktor (umumnya kelipatan tiga) yang dipasang di menara atau tiang. Karena sebagian besar insulasi disediakan oleh udara, maka saluran listrik udara umumnya merupakan metode termurah untuk mentransmisikan listrik dalam jumlah besar.

Namun pembangunan Sutet 550 kv. di wilayah Kelurahan Pondok Bahar Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang Masih menuai polemik, pasalnya pihak PLN yang menjanjikan kompensasi kepada warga yang terkena dampak pembangunan Sutet tersebut hingga saat ini belum terealisasi juga dari pihak PLN.

Berawal di janjikannya pembayaran Kompensasi tahap pertama pada bulan Mei 2020 oleh pihak PLN namun hingga sampai saat ini belum ada juga pembayaran kompensasi kepada warga Kelurahan Pondok Bahar yang lahan nya terkena dampak pembangunan tiang sutet bertegangan 550Kv tersebut.

Sedangkan mengacu dalam keputusan Menteri Energi dan Sumber mineral Republik Indonesia (MenEsdm) No.27 tahun 2018 :kompensasi atas tanah,bangunan,dan/bangunan yang berada dibawah ruang bebas jaringan transmisi listrik diberikan kompensasi yang diatur dalam pasal kementerian ESDM.

Untuk itu pihak dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) sesegera mungkin memberikan Hak Kompensasi kepada warga yang yang terkena imbas pembangunan sutet tersebut.

Pihak PLN harus secepatnya memberikan kompensasi kepada warga,dimana pihak PLN melalui kontraktor, bukan bekerja secara sembunyi sembunyi dan selalu bertentangan dengan warga yang berdampak sutet di wilyah Pondok Bahar Kota Tangerang.

Menurut salah satu perwakilan dari warga Kelurahan Pondok Bahar Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang yang enggan di sebutkan nama nya mengatakan kepada penabanten.com

” kami merasa di bohongi oleh pihak PLN yang menjanjikan akan membayar kompensasi tahap pertama pada bulam Mei 2020, kami masih ingat pada saat kami di kumpulkan di Kantor Kelurahan Pondok Bahar, yang pada saat itu di hadiri pula oleh waka polsek.Ciledug, waka danramil dan juga dari pihak PLN Hery Hermawan dan Reza” ucap nya.

Masih menurut warga Pondok bahar ” Kami masih ingat perwakilan dari PLN mengatakan akan membayar biaya Kompensasi pada awal Mei namum hingga kini belum juga terealisasi pembayaran nya, kami merasa di Zolimi dan kami merasa bahwa pikah PLN sudah ingkar janji kepada kami warga yang terkena dampak pembangunan sutet 550Kv” terang nya.

” Kami berharap pihak PLN segera tepati janji nya untuk mencairkan dana Kompensasi tahap pertama di bulan ini, dan kami berharap hentikan sementara pengerjaan proyek Sutet tersebut sebelum terealisasinya kompensasi warga oleh pihak PLN ” tegasnya.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close