#IniRuangku

BMKG : Sabtu dan Minggu (4-5/8) Suhu Dingin Sekitar 16 Derajat Celsius Melanda Bandung

Kabut tebal mengelilingi gedung sate Bandung
BMKG : Sabtu dan Minggu (4-5/8) Suhu Dingin Sekitar 16 Derajat Celsius Melanda Bandung

Media Tata Ruang– Akhir- akhir ini masyarakat se- Bandung Raya merasakan suhu dingin sampai menggigil. Dalam hal ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung menyatakan Sabtu dan Minggu (4-5/8) suhu dingin sekitar 16 derajat celsius melanda Ibu Kota Jawa Barat ini.

Peneliti Cuaca dan Iklim BMKG Provinsi Jawa Barat Muhamad Iid Mujtahiddin, Sabtu (4/8) mengatakan, dari pantauan alat pengukur suhu udara di Stasiun Geofisika Bandung tercatat suhu minimum hingga mencapai 16,2 derajat Celsius.


Menurut Iid, hal ini masih merupakan pengaruh musim dingin di Australia terutama kondisi suhu dingin di Australia bagian barat yang diprakirakan suhu udara minimumnya hingga dua hari kedepan mencapai 5-6 derajat.

Pola prakiraan angin pada ketinggian satu km di atas permukaan laut yang umumnya pada periode musim kemarau adalah angin pasat tenggara dari arah Benua Australia, terutama massa udara yang membawa udara dingin dari Australia bagian barat. “Sehingga prakiraan pola angin ini berkontribusi juga terhadap penjalaran dan penurunan suhu udara di wilayah Bandung dan sekitarnya,” katanya

Adanya gangguan regional di Samudera Pasifik bagian barat berupa adanya badai Shanshan yang menyebabkan kondisi angin relatif kencang dalam beberapa hari kedepan dengan kecepatan berkisar antara 36-50 km/jam. Oleh karena itu, kata dia, dengan kondisi angin yang relatif kencang ini perlu diwaspadai untuk info cuaca daratan terhadap potensi pohon tumbang ataupun objek-objek tertentu yang mudah roboh atau patah.

Ia mengatakan kondisi angin seperti ini berpengaruh terhadap prakiraan tinggi gelombang laut maksimum terutama di perairan sebelah selatan Jawa Barat yang diprakirakan hingga tiga hari kedepan mencapai empat meter. “Diimbau kepada nelayan untuk tidak melaut terlebih dahulu sambil menunggu kondisi gelombang relatif aman,” ujar Iid.

Selama periode musim kemarau dengan puncaknya terjadi pada bulan Agustus hingga September dengan karakteristik suhu udara dingin dan kering. “Maka diimbau juga kepada masyarakat untuk tetap menjaga kondisi badan supaya tetap fit salah satunya dengan berpergian keluar rumah selalu mengenakan baju hangat atau jaket, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran,” katanya.

Bagikan Artikel :
Click to add a comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#IniRuangku

More in #IniRuangku

Ditanya Soal Kemiskinan dan Tata Ruang, Calon Wagub DKI Kurang Paham Dinamika dan Kebutuhan Jakarta

MTR 04Februari 9, 2019

Debat Capres Putaran Kedua: Menilik Janji-Janji Jokowi-Ma’ruf soal Lingkungan Hidup

MTR 04Februari 9, 2019

Hotel Pullman Bandung Bakal Ditebang Empat Lantai

MTR 04Februari 8, 2019
BILLBOARD ADVERTISING

ALAMAT REDAKSI Jl Citamiang No. 34 BANDUNG 40115

Telp 08121.4950.000

Email : [email protected]

Copyright © 2017 Media Tata Ruang.