#IniRuangku

Humanisme Untuk Donggala

Ilustrasi
Humanisme Untuk Donggala

Oleh: Gefra R.G

Mediatataruang.com – Pukul 19.27 WIB atau berselisih 1 jam di WITA telah terjadi Gempa di Kabupaten Donggala yang berpusat di 50 km tenggara dengan kedalaman 10 km serta kekuatan 7,7 SR. Gempa ini cukup berpotensi terjadi Tsunami. Dan benar saja tadi beberapa saat setelah Gempa langsung diikuti dengan Tsunami yang memiliki tinggi maksimum mencapai 2 meter.


Kejadian ini sangat cepat begitu terjadi gempa lalu diikuti dengan Tsunami. Saya sangat yakin jika di Donggala ini belum pernah terjadi sebelumnya. Ini merupakan musibah nasional setelah Gempa yang terjadi di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Benar-benar sangat dinamis kondisi Lempeng Benua Asia-Autralia itu.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerima laporan bahwa ada 48 orang meninggal akibat gempa Donggala, Sulawesi Tengah. Diprediksi jumlah ini masih terus bertambah karena belum termasuk korban meninggal akibat tsunami.

Ada banyak cara untuk membantu korban bencana gempa di Palu, Donggala, dan sekitarnya. Ini adalah salah satunya. Cukup dengan komputer dan koneksi internet, kita bisa bergabung dengan ratusan pemeta atau kontributor lainnya melengkapi data keterpaparan yang dapat digunakan oleh pemerintah dan lembaga kemanusiaan untuk mendistribusikan bantuan dengan tepat sasaran.

Proyek ini merupakan kerjasama antara BNPB, DMI (Disaster Management Innovation) dan HOT (Humanitarian OpenStreetMap Team) untuk mendukung kegiatan BNPB dalam pengumpulan data di 136 kabupaten / kota yang masuk prioritas penanggulangan bencana dalam RPJMN 2015 – 2019.

Kegitan ini adalah untuk mendukung kegiatan BNPB dalam pengumpulan data di 136 kabupaten / kota yang masuk prioritas penanggulangan bencana dalam RPJMN 2015 – 2019. Hasil dari kegiatan pemetaan ini akan digunakan sebagai data keterpaparan dalam analisis dampak potensi bencana yang ada di wilayah tersebut.

Kita semua bisa berkontribusi dalam pelaporan data terakhir aera terdampak dan jumlah korban jiwa maupun harta benda melalui peta interaktif ini. Selain tentunya harus ada donasi dan volunteer yang berangkat dalam upaya pemulihan pasca Gempa dan Tsunami. Tentunya pihak yang terkait seperti BASARNAS dan BNPB harus segera sigap kesana dan mengirimkan bala bantuan tentunya yang utama adalah shelter atau tempat penampungan sementara. (*Uwo)

 

Bagikan Artikel :
Click to add a comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#IniRuangku

More in #IniRuangku

Ditanya Soal Kemiskinan dan Tata Ruang, Calon Wagub DKI Kurang Paham Dinamika dan Kebutuhan Jakarta

MTR 04Februari 9, 2019

Debat Capres Putaran Kedua: Menilik Janji-Janji Jokowi-Ma’ruf soal Lingkungan Hidup

MTR 04Februari 9, 2019

Hotel Pullman Bandung Bakal Ditebang Empat Lantai

MTR 04Februari 8, 2019
BILLBOARD ADVERTISING

ALAMAT REDAKSI Jl Citamiang No. 34 BANDUNG 40115

Telp 08121.4950.000

Email : [email protected]

Copyright © 2017 Media Tata Ruang.