#iniruangkuLifestyle

Ini Manfaat Daun Ketumbar, Pereda Nyeri hingga Anti Kanker

Mediatataruang.com – Ada banyak sayuran yang dijual di pasar dan supermarket, dan mungkin kamu juga akan menemukan daun ketumbar atau dalam Bahasa Inggris disebut cilantro. Bentuk daunnya hampir mirip dengan seledri dan peterseli, namun daun ketumbar memiliki rasa yang lebih kuat seperti bijinya.

Sering dijadikan tambahan dalam beberapa makanan berkuah seperti tom yum, kare, dan olahan seafood, ternyata seperti ini manfaat daun ketumbar untuk kesehatan seperti dilansir dari Medical News Today.

  1. Anti kanker

Penelitian dalam jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine menguji ekstra akar, batang dan daun ketumbar (Coriandrum sativum) dan menemukan bahwa kandungan di dalamnya memiliki efek antikanker terhadap sel-sel kanker payudara dan menghambat kerusakan yang disebabkan oleh sel-sel kanker.

  1. Meredakan inflamasi dan rasa sakit

Kandungan antioksidan daun ketumbar yang tinggi juga memberi efek meredakan inflamasi atau peradangan di dalam tubuh. Bahkan penelitian menemukan ada efek analgesik yang dihasilkan dari daun ketumbar sehingga mampu meredakan nyeri atau rasa sakit fisik.

  1. Meningkatkan kesehatan kulit

Dalam penelitian Journal of Medicinal Food tahun 2015 menyebutkan bahwa ekstrak Coriandrum sativum mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan kerusakan akibat ultraviolet B (UVB).

  1. Mencegah infeksi jamur

Selain antioksidan yang tinggi, daun ketumbar juga memiliki sifat anti jamur sehingga mampu meningkatkan imunitas tubuh terhadap infeksi yang disebabkan oleh jamur seperti oral thrush, kandidiasis pada vagina dan lain sebagainya.

Jadi, meski memang rasanya agak langu namun ternyata daun ketumbar atau cilantro punya banyak manfaat kesehatan yang tak bisa diabaikan. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close