#iniruangkuHeadLine

Edukasi Masyarakat Gemar Menanam, BPDASHL Citarum Ciliwung bangun Kebun Bibit Desa/Kelurahan

Mediatataruang.com– Dalam rangka mensukseskan kegiatan RHL perlu dilakukan pembangunan kegiatan pendukung RHL berupa penyediaan bibit tanaman yang tersebar sampai dengan tingkat desa/kelurahan dalam bentuk Kebun Bibit Desa/kelurahan. Menindak lanjuti hal tersebut, BPDASHL Citarum Ciliwung membangun 1 unit Kebun Bibit di Kota Bogor.

Kebun Bibit Desa merupakan kebun bibit yang dibangun secara swakelola oleh BPDASHL dengan melibatkan masyarakat desa/kelurahan melalui penyediaan berbagai jenis bibit tanaman baik penghasil kayu maupun hasil hutan bukan kayu yang ditanam pada lahan kritis, lahan tidak produktif dan/atau fasilitas umum/sosial di sekitar desa/kelurahan.

Kebun bibit ini bertujuan untuk memperbanyak tempat-tempat penyediaan bibit yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat desa/kelurahan sekaligus sebagai upaya pemberdayaan masyarakat melalui perluasan kesempatan kerja.

Pada hari ini, Jumat tanggal 10 Januari 2020 akan ditinjau Kebun Bibit yang berada pada lokasi Kelurahan Babakan Pasar Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Provinsi Jawa Barat oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr.Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, didampingi oleh Sekretaris Jenderal KLHK Dr. Ir. Bambang Hendroyono, Direktur Jenderal PDASHL Ir. Hudoyo, MM, Direktur Jenderal Planologi Prof. Ir. Sigit Hadiwinarto, M.Sc.

Pembangunan Kebun Bibit ini atas permohonan masyarakat Kelurahan Babakan Pasar melalui Lurah Babakan Pasar Rena Da Frina, SP. Bibit yang disediakan sejumlah 60.000 batang dengan jenis kayu-kayuan antara lain Mahoni, Damar, Ketapang Kencana, Pucuk Merah dan jenis MPTS (buah-buahan) antara lain Matoa, Nangka, dan Duku.

Harapan Ibu Lurah Babakan Pasar Rena Da Frina, SP : 1).Program terus berlanjut; 2)Warga khususnya warga Kelurahan Babakan Pasar menanam dan memelihara pohon minimal 1 pohon setiap rumah; 3)Kebutuhan bibit tanaman di Kota Bogor dapat disuplai dari Kebun Bibit ini; 4)dapat mengedukasi masyarakat untuk gemar menanam dan menjaga kelestarian lingkungan.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close