Daerah

Mobil Sedan Atau Helikopter, Menentukan Pilihan Kepentingan Ketua DPRD dengan Gubernur Jabar

Mediatataruang.com– Belum kering mulut rakyat Pasundan ini membicarakan buruknya citra Ketua DPRD Jawa Barat yang harusnya memperjuangkan kepentingan rakyat malah memboroskan anggaran rakyat. Belum lama ini DPRD Jabar gelontorkan anggaran sebesar Rp4,95 miliar untuk pembelian  6 unit kendaraan roda empat jenis sedan 2.500 CC untuk dipergunakan oleh Ketua DPRD Jawa Barat. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Posraya Jawa Barat menyoroti penggunaan anggaran DPRD Jabar.

“Rencana pembelian kendaraan tersebut sangatlah tidak tepat, soalnya mobil dinas pimpinan yang sekarang dipergunakan masih sangat layak dan cukup mewah. Saat ini para pimpinan DPRD menggunakan Mobil Toyota Alpard dan Toyota Land Cruiser Prado,”ungkap Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Posraya Jawa Barat, Asep Komara Santoso, Rabu (22/1/2020).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Posraya Jawa Barat, Asep Komara Santoso

Selain itu juga, Asep mengatakan saat ini DPRD Jawa Barat mengusulkan pembelian helikopter untuk kepentingan Gubernur, wacana pembelian helikopter ini sempat menjadi isu dan perbincangan dikalangan politisi Jawa Barat pasca dilantiknya 120 anggota DPRD Jawa Barat.

“Perkiraan apabila membeli helikopter buatan PT. Dirgantara Indonesia (PT DI) jenis AS364 N3 yang dipergunakan oleh Basarnas yang bisa menjangkau dengan leluasa semua medan, membutuhkan anggaran sekitar ± Rp. 260 Miliar per unit,”ujar Asep.

Asep memaparkan jika di gabungkan pembelian mobil dinas pimpinan DPRD dan pembelian Helikopter Gubernur totalnya mencapai sekitar ± Rp. 264,95  Miliar. Angka ini sangat fantastik untuk anggaran yang hanya dipergunakan demikepentingan yang tidak pro rakyat.

“Belum ditambah lagi nilai anggaran untuk biaya perawatan dan sewa hanggar. Hal ini akan menyebabkan anggaran semakin membengkak,”paparnya.

Menurut Asep menyebutkan rencana tersebut seperti menentukan kepentingan antar Taufik Hidayat dengan Ridwan Kamil. DPRD Jawa Barat dapat Mobil dan Gubernur Jawa Barat dapat helikopter.

“Dimana nilai urgensitasnya ? coba kita hitung anggaran ratusan miliar ini untuk kepentingan rakyat, apalagi sekarang warga kabupaten bogor dan bekasi yang terkena dampak banjir dan longsor sangatlah membutuhkan anggaran tersebut,”tutur Asep.

“Coba tanyakan pada rakyat Jawa Barat apakah mereka akan senang dan bangga ketika para pimpinan DPRD menggunakan mobil mewah dan Gubernur mempunyai helikopter,”tambah Asep.

Lanjut Asep menanyakan, ada apa dengan kepemimpinan Taufik Hidayat sekarang ini ? sebagai anggota DPRD yang notabennya memperjuangkan kepentingan rakyat, ini justru merongrong kepentingan rakyat dengan pesta pora menghamburkan APBD.

“Pembelian kendaraan dinas sah sah saja, tapi akankah lebih bijak anggaran ratusan miliar tersebut di pergunakan untuk kepentingan masyarakat secara langsung, apalagi sekarang korban banjir dan tanah longsor sangatlah membutuhkan bantuan dengan sesegera mungkin,”pungkasnya.*

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close