HeadLine

Lurah Karangmekar : Melalui Partisipasi Masyarakat Wujudkan Pembangunan Berkualitas

Mediatataruang.com- Mewujudkan pemerataan ekonomi melalui partisipasi masyarakat yang didukung dengan pembangunan infrastruktur berkualitas menjadi tema dalam Focus Group Discussion (FGD) Kelurahan Karangmekar Tahun 2020. Kegiatan FGD ini merupakan hasil rembug warga Kelurahan Karangmekar Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi pada tanggal 01 sampai dengan 08 Desember 2019 di masing masing RW.

Lurah Karangmekar M Nur Efendi mengatakan bahwa pra musrembang ini bukan hanya menggugurkan kewajiban tapi sebuah proses pembangunan buttom up. “Musrembang ini merupakan konsep pembangunan yang langsung melibatkan masyarakat,”ujar M Nur disela acara pra musrembang Kelurahan Karangmekar, Selasa, (28/1).

Lanjut M Nur berharap masyarakat dapat membuat keputusan untuk pembangunan yang berdampak luas dan menjadi skala prioritas bagi masyarakat kebanyakan.

Menurutnya rembug warga ini dilakukan oleh tim kader pembangunan. Ada beberapa usulan kegiatan hasil rekapitulasi usulan rembug RW yang teridiri dari 4 bidang sebagai berikut : bidang infrastruktur, bidang ekonomi, bidang sosial budaya, dan bidang pemerintahan.

Dimana sebelumnya telah dilakukan langkah- langkah pembuatan perencanaan pembangunan berbasis partisipasi masyarakat. Langkah-langkah pembuatan perencanaan pembangunan ini diantaranya peta potensi wilayah, data demografi, pemetaan kelembagaan, kalender musim, identifikasi masalah, pembuatan skala prioritas.

Seperti diketahui, peta potensi wilayah Kelurahan Karangmekar antara lain tempat ibadah diantaranya ada 19 mesjid, gereja  ada  7 dan pure ada 1. Sekolah Pendidikan Formal dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK. Untuk  Pendididkan Non Formal ada bimbel, kursus bahasa, kursus menjahit, pondok pesantren. Kemudian terkait KESEHATAN ada Dokter, Bidan, Apotek, Laboratorium, dan Klinik.

Disamping itu juga kelurahan Karangmekar di lihat dari potensi wilayahnya memiliki Home Industri, tempat makan minum, perusahaan rajut  dan pengrajin dompet & tas. Dilihat dari perkantoran ada pemerintahan, bank, kemudian pusat pendidikan Militer.     

Data demografi Kel.Karangmekar luas wilayah sekitar 131,1 Ha, jumlah RW ada 17, jumlah RT ada 75. Sedangkan jumlah penduduk laki-laki sebanyak 7.708 dan perempuan sebanyak 8.229, jumlah total penduduk Karangmekar mencapai        15.937 jiwa.

Pemetaan kelembagaan kelurahan, yaitu lembaga -lembaga yang ada di masyarakat  baik Formal maupun Non Formal diantaranya LPM, PKK, MUI, BKM, Karang Taruna, PSM, RBM, DMI.

Dari pantauan di lokasi kegiatan pra musrembang ini di hadiri oleh seluruh ketua RW dan RT se-Karangmekar, serta ketua lembaga lembaga. Hadir juga perwakilan Camat Cimahi Tengah dan Binwil dari pemerintah Kota Cimahi. kus

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close