#iniruangkuHeadLine

Maraknya Pemanfaatan Ruang, Bappeda Segera Luncurkan RTRW Kota Cilegon Yang Baru

Mediatataruang.com– Kota Cilegon sekarang ini telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Selain perkembangan aspek ekonomi ataupun sosial, tetapi juga perkembangan dalam aspek pemanfaatan ruang kota. Pemanfatan ruang yang pesat tersebut menyebabkan pengendalian perkembangan kota menjadi semakin sulit, sehingga banyak terjadi ketidaksesuaian pemanfaatan ruang dengan Rencana Umum Tata Ruang Kota.

Konsultan Tata Ruang saat memberikan penjelasan kepada Pansus RTRW, Jumat (21/2)

Melihat perubahan struktur di Kota Cilegon, terutama tentang penggunaan tata ruang, sehingga banyak proses pembangunan yang butuh landasan hukum terkait tata ruang. Maka pemerintah Kota Cilegon perlu meluncurkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cilegon, Beatrie Noviana mengatakan dengan adanya kebijakan Nasional, kebijakan pembangunan provinsi Banten dan kebijakan pengembangan wilayah Kota Cilegon. Serta berbagai faktor baik faktor eksternal maupun faktor internal maka Perda RTRW Kota Cilegon No 3 tahun 2011 akan diganti dengan perda RTRW yang baru.

“Perda No 3 tahun 2011 tentang RTRW Kota Cilegon sudah waktunya dilakukan peninjauan kembali dan direvisi. Jadi akan diganti dengan Perda RTRW Kota Cilegon yang baru,”ungkap Batrie disela acara diskusi pansus Raperda RTRW Kota Cilegon merevisi Perda RTRW Kota Cilegon No 3 tahun 2011 di Saung Hurip Cilegon, Jumat (21/2/2020).

Meskipun, lanjut Beatrie mengatakan diskusi ini berjalan dengan alot dan mendapat masukan serta koreksi dari Pansus Raperda yang beranggotakan para fraksi DPRD Kota Cilegon. Hal ini membuktikan bahwa DPRD Kota Cilegon sangat antusias dan mendukung dengan di luncurkannya perda RTRW yang baru.

Menurutnya selama empat tahun Raperda RTRW Kota Cilegon terkendala. Tapi kini atas perjuangan serta keseriusan dari anggota Bappeda Kota Cilegon, dengan jangka waktu lima bulan rancangan perda RTRW yang baru akan disahkan.

“Syukur alhamdulillah, kami mempunyai anggota yang solid, sehingga Perda RTRW Kota cilegon akan di sahkan bulan februari 2020 ini,”pungkasnya.

Acara diskusi pansus raperda RTRW Kota Cilegon dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, Kepala Bappeda Kota Cilegon, Ketua Pansus RTRW, para Camat dan Lurah se-Kota Cilegon. Serta kosultan tata ruang dan para staff Bappeda Kota Cilegon. Kus

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close