#iniruangku

Pengelolaan Parkir di Kota Cimahi

Mediatataruang.com– Di Kota Cimahi masih banyak parkir yang tidak resmi dan masih marak pemilik kendaraan parkir sembarang di tempat yang bukan tempat parkir. Dinas Perhubungan Kota Cimahi menyebutkan masyarakat Cimahi masih banyak yang belum peduli terkait parkir. Hal ini menjadi kendala bagi pemerintah Kota Cimahi.

Terkait permasalahan parkir, belum lama ini, Forum Wartawan Cimahi yang disingkat Forwatch menggelar bincang warga mengenai pengelolaan parkir di kota cimahi dengan mengusung tema ‘Menggali Potensi Daerah dan Memberikan Kepastian Hukum Bagi Masyarakat’, di aula Kecamatan Cimahi Tengah, Kamis (20/2/2020).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, perwakilan dari Bappenda Kota Cimahi, Kabag Hukum Kota Cimahi, perwakilan Polres Cimahi, perwakilan Satpol PP Kota Cimahi, perwakilan RSUD Cibabat Kota Cimahi, Camat Cimahi Tengah dan Lurah se- Kecamatan Cimahi Tengah dan tokoh masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Yanuar mengatakan pihaknya sudah berupaya untuk menertibkan parkir, baik itu on street atau of street. Tetapi meskipun sudah dipasang rambu rambu, masyarakat masih melakukan parkir sembarangan.

“pihaknya sudah bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk menindak pelanggar yang melakukan parkir sembarangan,”ungkap Yanuar di sesi acara bincang warga di aula Kecamatan Cimahi  Tengah (20/2).

Kedepannya, lanjut Yanuar memaparkan pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada pengguna parkir. Retribusi jasa umum dari sektor parkir menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Cimahi. Totalnya tercatat ada pemasukan dari para juru parkir (jukir) legal yang mencapai 120 orang dengan 89 titik parkir tepi jalan umum.

“Setoran yang diserahkan kepada pihaknya dari juru parkir itu, sebagai bentuk retribusi yang disesuaikan dengan potensi titik parkirnya dan sudah disepakati dengan petugas parkir,”paparnya.

Sementara Kepala Bidang Identifikasi Bappenda Kota Cimahi, Yun Sapta Mulyana membenarkan bahwa retribusi jasa umum dari sektor parkir menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Cimahi. Maka pihaknya telah menempatkan tempat tempat parkir yang strategis.

Dalam kesempatan yang sama Kabag Hukum Kota Cimahi, Tini menyebutkan mengacu kepada Perda Kota Cimahi Nomor 2 Tahun 2017 tentang Retribusi Jasa Umum, tarif parkir sepeda motor saat ini Rp1.000. Kemudian kendaraan roda empat/roda tiga/sedan dan sejenisnya Rp2.000. Untuk angkutan barang jenis box/pick up Rp2.500, dan truk/bus sedang Rp3.000. Kus

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close