#iniruangkuHeadLine

Upaya Lestarikan Hutan dan Air, Forum Wartawan Cimahi Gelar Aksi Penanaman Pohon

Hasanah.id– Guna melestarikan hutan dan air, aksi menanam pohon yang diinisiasi forum wartawan cimahi mendapat apresiasi dari satgas Citarum Harum sektor 21, perum perhutani KPH Bandung Utara serta Dinas Lingkungan Hidup dan aktivis penggiat lingkungan. Acara ini di gelar di wilayah Cipageran Cimahi Utara Kota Cimahi, Kamis (19/3/2020).

Dari pantauan, setelah melaksanakan talkshow di cenghar kopi kolonel masturi dilanjutkan langsung penanaman pohon di wilayah RW 12 Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi. Penanaman dilakukan oleh Satgas Citarum Harum Sektos 21, Dinas Lingkungan Hidup, pihak perhutani dan masyarakat setempat.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Satgas Citarum Harum Sektor 21, Wakil Kepala Adm KPH Bandung Utara Perum Perhutani, aktivis penggiat lingkungan dan komunitas Agus Agus. Kegiatan aksi menanam pohon dalam rangka memperingati hari air sedunia ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi.

“Saya sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan aksi menanam pohon dalam rangka memperingati hari air sedunia yang diinisiasi forum wartawan cimahi yang disingkat FORWATCH,”ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Roni

Menanam pohon ada kaitannya dengan air sebab jika di musim kemarau akan terjadi kekeringan dan jika musim hujan selalu terjadi banjir. Untuk menanggulangi hal ini maka perlu dilakukan  penanaman pohon karena pohon dapat menyerap air kedalam tanah  dan air tidak akan banyak terbuang.

“Penanaman pohon ini sangat luar biasa maka perlu keterlibatan masyarakat untuk menjaga lingkungan hidup. Dinas Lingkungan Hidup juga sudah meminta kepada pihak kelurahaan dan RW untuk melestarikan lingkungan hidup dengan menanam pohon,”paparnya.

Dalam kesempatan yang sama Lettu Sukisworo perwakilan Satgas Citarum Sektor 21 mengatakan, situasi yang dulunya penuh sampah diwilayah Sektor 21 yang tengah diawasinya, kini sudah mulai berkurang.  Untuk itu kami minta masyarakat agar selalu menjaga kelestarian lingkungannya.

“Sebab jika tidak dijaga akan berpengaruh pada kurangnya serapan air. Kalau sudah begitu, kita juga yang rugi. Kita bisa kekurangan air.” pungkasnya.Kus

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close