#iniruangkuHeadLine

Ditengah Kekhawatiran Penyebaran COVID-19, BPDASHL Citarum Lakukan Kunjungan ke Pasca Banjir Bogor

Mediatataruang.com– Di tengah kekhawatiran penyebaran Virus Corona. Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Citarum Ciliwung melakukan kunjungan ke wilayah yang terdampak banjir dan longsor dua bulan kebelakang tepatnya pada I Januari 2020 di Desa Harkat Jaya Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Sabtu 28 Maret 2020.

Seperti diketahui sebelumnya, sepuluh desa di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, porak poranda setelah dihantam banjir dan tanah longsor pasca hujan deras tak henti sejak Selasa, 31 Desember 2019 lalu, hingga Rabu, 1 Januari 2020 lalu. Salah satu yang terdampak cukup besar dengan jumlah pengungsi paling banyak adalah Desa Harkat Jaya.

Kepala BPDASHL Citarum Ciliwung, Taruna Jaya

Kepala BPDASHL Citarum Ciliwung, Taruna Jaya mengatakan Desa Harkat Jaya disebut-sebut mengalami kerusakan terparah dari desa-desa lain di Kecamatan Sukajaya Kabupaten, Bogor. Rumah serta satu unit bangunan pondok pesantren Nurul Hikmah Kampung Congcorang Lebak RT 002 RW 002 Desa Harkat Jaya, terdampak banjir.

Taruna mengatakan keadaan Desa Harkat Jaya sangat memprihatinkan, karena selain hancur lebur, jalur jalan menuju ke desa lain juga terputus. Bukan Desa Harkat Jaya saja, akan tetapi banjir dan longsor akibat meluapnya Sungai Cidurian ini memang mengisolasi beberapa desa lainnya.

Kondisi terkini pasca banjir dan longsor

Dilokasi terdampak, Taruna memaparkan bahwa kondisi saat ini, pasca banjir dan longsor menjadikan salah satu fenomena di wilayah terdampak. Dimana matrial matrial yang berada di lokasi longsor dan banjir membentuk atau menjadikan aliran sungai yang baru di wilayah kampung congcorang.

“Matrial matrial di bawa pada saat bencana alam pada tanggal satu januari. Selain itu juga bahwa dilokasi ada sebuah pesantren yang berada ditikungan sungai sehingga di hantam oleh arus air masih tetap berdiri,”pungkas Taruna

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close