#iniruangkuHeadLine

Kepala BNPB Sebut APD Saat Ini Menjadi Masalah Global

Mediatataruang.com– Kepala BNPB sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan alat pelindung diri (APD) bukan sekadar jadi masalah domestik RI. Doni menyebut APD saat ini menjadi masalah global.

“Kemudian masalah APD, APD bukan hanya masalah domestik kita, tapi APD jadi masalah global hari ini,” kata Doni dalam siaran langsung di YouTube usai ratas, Senin (6/4/2020).

Doni menyebut ada negara yang mengambil alih proses pemberangkatan APD dari satu tempat ke tempat lain. Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci negara mana yang dimaksud.

“Ada negara yang mengambil alih sebuah proses pemberangkatan APD dari satu tempat ke tempat lain, tetapi alhamdulillah berkat kerja sama dari semua pihak baik perguruan tinggi, Kementerian Kesehatan dan peneliti kita, kemungkinan besar pada periode yang akan datang kita akan bisa memproduksi APD dengan bahan baku lokal yang telah mendapatkan sertifikasi dari WHO,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Doni, ketergantungan APD dari luar negeri bisa teratasi. Per hari ini, Doni menuturkan, Gugus Tugas sudah menerima 570 ribu APD dan sudah didistribusikan sebanyak 390 ribu ke seluruh daerah di Indonesia.

“Adapun yang terakhir tiba siang ini sebanyak 105 ribu dan ini akan segera didistribusikan terutama ke rumah sakit yang ada di daerah terdampak,” katanya.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close