#iniruangkuHeadLine

IAP Jabar : Planer Indonesia Harus Terlibat Dalam Perencanaan Ibu Kota Negara

Mediatataruang.com– Ditengah keprihatinan, plener Indonesia sempat dikagetkan dengan pengumuman kegiatan perencanaan Ibu Kota Negara (IKN) yang tidak ditenderkan sebagaimana mestinya padahal dana dari APBN, dan diperuntukkan perusahaan dari Luar Negeri.

Ketua Ikatan Ahli Perencana Jawa Barat, Ahmad Idjaz mengatakan terkait pelelangan IKN harus dilihat dari sisi tata ruangnya dan dari sisi ikatan ahli perencanaannya. Dilihat dari besarnya anggaran untuk kegiatan perencanaan IKN ini pasti membutuhkan biaya besar.

“Pihaknya sangat mendukung, karena ini membutuhkan biaya besar maka akan menghasilkan produk yang makin bagus. Disini kami mendudkung mendukung saja,”ungkapnya melalui telepon selulernya, Senin, (20/4).

Namun ada beberapa hal yang harus dipenuhi seperti pertama  dari prosedur pelelangan harus dipenuhi sesuai aturan pelelangan yang telah di atur oleh pemerintah. Salah satunya penunjukan langsung. Kedua, kita ingin mempunnyai kesempatan yang sama dengan siapun untuk melaksanakan pekerjaan tersebut. Sebab perencanaan IKN ini milik kita juga sebagai warga negara Indonesia.

Ketiga, kita sebagai IAP selama ini selalu menjungjung tinggi pekerjaan berdasarkan basis kompetisi yang diakui pemerintah dicerminkan dalam sertifikat keahlian SKA.

‘Kami menginginkan siapaun yang ditunjuk sebagai perencana IKN harus memenuhi standar kompetisi yang sama,”ujar Ijas.

Kemudian yang ke empat, teman teman planer harus percaya diri bahwa kita semua mampu melakukan pembangunan IKN tersebut. Dalam hal ini eksistensi planer harus dipertaruhkan, dan kita harus terlibat didalamnya.

“Kita harus terlibat didalamnya sebab ini merupakan rencana pemerintah Indonesia melakukan pembangunan IKN. Masa planer indonesia tidak terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Negara nya sendiri,”tegasnya.

“Terkait lokasi, pemerintah harus sudah menetapkan lokasi terlebih dahulu yang sudah ditetapkan oleh Undang Undang. Semoga perencanaan IKN memiliki perencanaan yang bagus,”pungkasnya. kus

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close