DaerahHeadLine

Menteri LHK Resmi Membuka Sembilan Taman Wisata Alam Termasuk di Jawa Barat

Mediatataruang.com Dalam kunjungan kerja kali ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar bersama jajarannya kunjungi wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (4/7/2020). Tepatnya di kawasan objek wisata Gunung Karang yang berada di Kelurahan Babakan Jawa, Kabupaten Majalengka.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar mengatakan atas penilaian Gugus Tugas Covid-19 Pusat dan strategi yang dipilih KLHK bersama Menteri Pariwisata, sejumlah Taman Nasional dan Taman Wisata Alam sudah resmi dibuka. Wilayah Majalengka, Jawa Barat termasuk di dalamnya.

“Yang penting catatannya, daerahnya harus zona hijau atau kuning, yang sedang juga tidak boleh. Kemudian, tetap dijaga protokol kesehatannya yang sangat ketat, saya minta dimonitor setiap hari,” ujar Siti kepada awak media, Sabtu (4/7/2020).

Lebih lanjut Siti menjelaskan, selama pembukaan suatu objek wisata di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini, pengunjung tidak boleh melebihi kapasitas tempat wisata. Untuk keberhasilan itu, para pelaku wisata, Pemerintah Daerah, Kepolisian dan Perhutani setempat harus memonitor setiap hari.

“Masyarakat bisa lebih memanfaatkan lahan hutan, karena sejatinya setiap orang membutuhkan hutan, untuk menarik udara segar, oleh karena itu kami buka. Yang lebih penting lagi, protokol itu harus ditaati oleh pelaku wisata dan petugas dan juga para pengunjung,” ucapnya.

Menteri Siti sudah memutuskan, akan memberi sanksi sosial kepada para pengunjung yang membandel terkait kunjungannya ke suatu tempat wisata. Salah satunya, memungut sampah atau lain sebagainya.

Siti juga menyebut, hingga hari ini, dari 29 Taman Nasional dan Taman Wisata Alam di Indonesia, sembilannya sudah resmi dibuka, termasuk di wilayah Jawa Barat.

“Saya memonitor setiap hari, sore dan pagi. Sampai sekarang, dari 29 yang di planning itu sudah 7 atau 9 yang sudah dibuka, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Selatan dan Sumatera Selatan,” kata Siti.

Menteri Siti berharap pembukaan Taman Nasional dan Taman Wisata Alam secara bertahap di beberapa provinsi dapat memberikan kebaikan bagi daerah dan masyarakat secara umum. Kus

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close