DaerahHeadLine

Menteri Siti Nurbaya Tinjau Kegiatan RHL di Kabupaten Majalengka

Mediatataruang.com Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (4/7/2020). Tepatnya di kawasan objek wisata Gunung Karang yang berada di Kelurahan Babakan Jawa, Kabupaten Majalengka. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau wilayah kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL), khususnya di wilayah Majalengka.

Kegiatan RHL

Dari pantauan, sedikitnya 134 personil Gabungan dikerahkan untuk mengamankan kunjungan Kerja Menteri LHK (Lingkungan Hidup Dan Kehutanan) Republik Indonesia untuk pengamanan. Sementara itu di sejumlah titik, lokasi telah diperketat penjagaannya, termasuk jalan lokasi Obyek Wisata gunung karang.

“Selain tim pengamanan, sudah disiapkan juga jalur dan kendaraan evakuasi sesuai SOP pengamanan apabila terjadi sesuatu yang tak diinginkan,” tutur Kapolres Majalengka AKBP Dr Bismo Teguh Prakoso.

Kunker Mentri LHK ini di isi beberapa paparan dari enam Kepala BPDSHL. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan tanaman RHL dan peninjauan Balai Diklat Kehutanan Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka.

Dari informasi yang diterima program Rehabilitasi Hutan Lindung (RHL) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui BPDAS Cimanuk-Citanduy merupakan upaya pemulihan kawasan hutan lindung, program RHL di wilayah Majalengka seluas 884 Ha dilaksanakan dengan pola Agroforestry.

Disamping untuk mengembalikan fungsi hutan lindung sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi dan memelihara kesuburan tanah juga dapat memeberi manfaat secara ekonomi kepada masyarakat.

Program RHL yang dilaksanakan di Kabupaten Majalengka bekerja sama dengan Perum Perhutani KPH Majalengka pada wilayah hutan lindung yang masuk wilayah DAS Cimanuk Sub DAS Cilutung Timur. Kus

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close