#iniruangkuHeadLine

Tindak Lanjut BPDAS-HL Cimanuk-Citanduy Terhadap Bencana Alam di Rajadesa Ciamis

Mediatataruang.com – Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Cimanuk-Citanduy menggelar acara serah terima kegiatan RHL (Bangunan KTA dan KBD) kepada kelompok masyarakat Loa Buana dan Wiragati Dusun Citapen Landeuh Desa Sukajaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis, Agustus 2020.

BPDAS-HL Cimanuk-Citanduy melakukan bakti sosial dengan memberikan ratusan masker

Kepala BPDAS-HL Cimanuk-Citanduy, Ir.Rukma Dayadi, M.Si mengatakan acara ini merupakan gerak langkah BPDAS-HL Cimanuk-Citanduy dalam menindaklanjuti penanggulangan bencana alam (longsor ) Loa Dusun Citapen Landeuh Desa Sukajaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Rukma Dayadi menyebutkan dalam penanganannya  selain dilakukan Rehabilitasi Hutan Dan Lahan (RHL) dibuatkan juga kontruksi Konservasi Tanah dan Air (KTA). Dan kegiatan ini juga merupakan salah satu program padat karya sehingga pembuatannya dilakukan oleh kelompok masyarakat.

“Dalam penanganannya BPDAS-HL  Cimanuk-Citanduy dilakukan melalui rehabilitasi hutan dan lahan serta konstruksi Bangunan Konservasi Tanah dan Air (KTA). Bangunan KTA berfungsi sebagai penahan sedimen dan aliran air permukaan,”ujar Rukma Dayadi saat di hubungi, Jumat (14/8/2020).

Bangunan Konservasi Tanah dan Air (KTA)

Sementara dalam kesempatan yang sama Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan & Lahan (RHL) Eman Suherman memaparkan bahwa BPDAS-HL  Cimanuk-Citanduy guna menindaklanjuti bencana alam ini telah melakukan penanaman dan pembuatan bangunan KTA berupa Dam penahan dan gully plug.

“Kami telah melakukan pembuatan Dam Penahan (DPn) 1 unit, Gully Plug 12 unit, Kebun Bibit Desa 1 unit. Mudah mudahan hal ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,”papar Eman.

Eman mengatakan acara serah terima kegiatan RHL (Bangunan KTA dan KBD) ini dihadiri Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah VII Ciamis, FKPDAS Wilayah Ciamis, BPBD Ciamis, aparatur desa dan masyarakat sekitar.

Disamping itu juga, lanjut Eman mengatakan selain serah terima kegiatan RHL, BPDAS-HL Cimanuk-Citanduy melakukan bakti sosial dengan memberikan ratusan masker kepada aparat desa untuk dibagikan kepada masyarakat.

“Sebagai bentuk kepedulian guna memutus mata rantai dan pencegahan virus corona di masa pandemi covid-19, kami menyalurkan bantuan masker untuk masyarakat,”pungkasnya. Kus

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close