#iniruangkuHeadLine

Ini Penyebab Kebakaran Hutan di Gunung Tangkuban Perahu

Mediatataruang.com –Telah terjadi kebakaran hutan Gunung Tangkuban Perahu di wilayah hutan KPH Bandung Utara, Selasa 8 September 2020. Tak berlangsung lama kebakaran hutan berhasil di padamkan.

Dari informasi yang diterima kebakaran hutan terjadi pukul 16.45 WIB. Kondisi Api sudah padam pada jam 20.30 WIB. Penanganan pemadaman api ( -/+ 1 jam 30 menit) mulai jam 18.30 wib s.d 20.15 wib. Sumber api atau penyebab kebakaran dari gas aktif gunung Tangkuban perahu.

Kades Kertawangi bersam Para personel yang telah berusaha memadamkan api

Jumlah personil pemadaman kurang lebih 100 orang terdiri dari petugas karhutla KPH Bandung Utara Asper Lembang KRPH, Polhutmob, Mdr Polter dan wisata 19 personil Kemudian Bhabinkamtibmas Desa Cikole, SAR Pasundan 2 orang, Relawan Sigab 5 orang, Kepala Desa Kertawangi bersama Lmdh Kertawangi 25 orang, LMDH Karyawangi 20 orang, LMDH Cihideung 10 orang dan tenaga perbantuan masyarakat perkebunan 15 orang. Peralatan Pemadaman yang digunakan Jet shooter, Golok, dan gepyok alami.

“Betul, telah terjadi kebakaran hutan yang berlokasi di Petak 44 a RPH Cisarua BKPH Lembang KPH Bandung Utara sekitar pukul 16.45 dan Berhasil padam pada pukul 20.30 WIB,”ujar Kepala Adm KPH Bandung Utara Komarudin saat dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (8/9/2020).

Komarudin mengatakan kebakaran hutan ini diketahui atas laporan dari Anggota SAR Lembang dan tris salah seorang teknisi dari hupdam yang sedang melakukan perbaikan ripiter tower hankam.

“Kami terima informasi dari anggota SAR Lembang dan pak tris salah seorang teknisi dari hupdam ada kebakaran hutan. Luas yang terbakar sekitar 0.50 ha. Untuk jenis tanaman yang terbakar yaitu tumbuhan bawah Alang Alang dan paku andam,”jelas Komarudin.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Kertawangi, Yanto yang dikenal dengan sapaan Steve Ewon membenarkan adanya kebakaran hutan di wilayah hutan KPH Bandung Utara.

“Betul ada kebakaran hutan dengan luas kebakaran mencapai 0,50 ha. Kebakaran hutan ini masuk dalam wilayah Administratif Pemerintahan Desa Karyawangi, Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat,”ungkap Kades Ewon.

Hingga berita ini diturunkan, para Petugas masih tetap berjaga jaga di lokasi kebakaran. Kus

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close