HeadLine

Menko Kemaritiman dan KKP Lakukan Penanaman Mangrove, Kini KLHK Perluas Penanaman Mangrove di 34 Provinsi

Mediatataruang.com – Bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, melakukan penanaman mangrove bersama masyarakat di pesisir Pulau Cemara Sawo Jajar Wanasari, Brebes, Jawa Tengah.

Ini merupakan bagian dari kegiatan padat karya mangrove 2020. Dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), KLHK memperluas cakupan kegiatan Padat Karya Penanaman Mangrove (PKM) seluas 15.000 ha di 34 provinsi.
PKM merupakan kegiatan yang benar-benar berorientasi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir, dengan melibatkan Kelompok Tani Hutan (KTH).

Menteri LHK bersama Menko Kemaritiman dan KKP bersama sama menanam mangrove

Penanaman mangrove tahun 2020 ini dilaksanakan oleh 863 kelompok masyarakat (Pokmas), dan melibatkan lebih dari 30 ribu orang dalam 50 hari kerja, atau bila dihitungkan dengan jumlah hari orang kerja (HOK) akan mencapai lebih dari 1,5 juta HOK.

Kegiatan PKM ini, merupakan kegiatan diluar padat karya penanaman yang rutin dilaksanakan oleh KLHK setiap tahun.

Pak Menko Luhut menegaskan bahwa mangrove merupakan kekayaan Indonesia yang menjadi atensi dunia.

Indonesia merupakan negara dengan ekosistem mangrove terluas di dunia, yakni sekitar 23% atau 3,31 juta hektar dari luas total mangrove dunia. Indonesia memiliki 43 jenis mangrove tropis atau mewakili 80% dari mangrove tropis dunia.

Sementara Menteri KKP, Pak Eddy menjelaskan bahwa nilai ekonomi tambak bisa sampai dengan Rp600 juta per sekali panen, dari luasan sekitar 2.000 meter persegi. Keberlanjutan usaha ekonomi rakyat ini hanya bisa didapat dengan terjaganya kondisi mangrove yang baik.

Inilah saat dimana kita harus memulai langkah kerja yang simultan, sehubungan dengan segala tantangan pemulihan ekonomi sebagai dampak pandemi.

Lingkungan dan Ekonomi dapat dikelola secara optimal dengan langkah-langlah yang arif (wise steps) seperti kegiatan yang kita laksanakan hari ini.

Saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang peduli dan mendedikasikan diri dalam pelestarian keanekaragaman hayati dan lingkungan mangrove.

Mari kita terus menjaga ekosistem mangrove yang ada, dengan melakukan penanaman secara kontinyu, agar keseimbangan alam, dan kehidupan satwa laut tetap berlangsung untuk generasi yang akan datang.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing dan melindungi langkah-langkah kita untuk kebaikan bangsa Indonesia yang kita cintai.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close