Daerah

BPDASHL Cimanuk-Citanduy Kawal Program PEN Padat Karya Mangrove di Indramayu

Hasanah.id, Indramayu – Program padat karya merupakan salah satu kebijakan pemerintah terhadap ekonomi yang terganggu dampak Pandemi covid-19. BPDASHL Cimanuk Citanduy telah melakukan program padat karya penanaman mangrove di lahan seluas 500 hektare yang berada di KPH Indramayu.

Program padat karya penanaman mangrove

“Tepi orientasinya tidak semata mata meningkatkan ekonomi saja, tanaman mangrove ini harus bisa hidup dan tumbuh hingga berhasil serta dapat mensejahterakan masyarakat di wilayahnya,” Ujar Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Cimanuk-Citanduy, Ir Rukma Dayadi M.Si saat meninjau lokasi penanaman mangrove di Cantigi Kabupaten Indramayu, Rabu (4/11/2020).

Kepala Balai mengatakan untuk lokasi penanaman mangrove yang berada di wilayah BPDASHL Cimanuk Citanduy salah satu nya berada di Kecamatan Cantigi Kabupaten Indramayu. Program padat karya penanaman mangrove ini di lakukan oleh masyarakat setempat secara perkelompok. Kelompok masyarakat juga melakukan penyediaan bibit, bambu untuk ajir dan pelindung tanaman.

“Sedangkan dana Padat karya penanaman mangrove didistribusikan langsung ke rekening masing-masing anggota kelompok masyarakat sebagai upah kerja,”sebutnya.

Selain itu juga, tambah Rukma mengungkapkan khususnya di Indramayu ini, karena ini masuk kawasan hutan sosial maka perlu dilakukan untuk kepentingan masyarakat. Alhamdulillah kelompok masyarakat sangat antusias dengan adanya program penanaman mangrove. Hal ini terbukti dengan adanya penyediaan bibit yang siap tanam. Disamping itu juga kelompok masyarakat disini mau melakukan penyulaman jika ada bibit mangrove yang mati.

Rukma berharap dengan adanya program padat karya penanaman mangrove ini benar benar bermanfaat dan bisa memulihkan pereknomian di lingkungannya.

“Dengan bertumbuhnya mangrove, masyarakat bisa menghasilkan hasil tambak yang bisa mensejahterakan keluarganya dan lingkungannya,”pungkasnya. Kus/Uwo

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close