#iniruangkuHeadLine

Menandai GNPDAS 2020, BPDASHL Musi Bagikan 3000 Bibit Produktif Bagi Masyarakat OKU Timur

Mediatataruang.com, Palembang – Bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia, Kabupaten OKU Timur, pada tanggal 28 November 2020 melaksanakan puncak penyelenggaraan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang bertempat di Desa Perjaya,

Kepala Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Musi Siswo, S.Hut.,M.Si.mengatakan perlu diketahui peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional sejak tahun 2018 dilebur, disatukan dengan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GN PDAS).

Kepala Balai memaparkan kegiatan penanaman pohon selalu dan tetap menjadi sebuah kegiatan yang amat penting. Melalui penanaman pohon kita mencoba mengembalikan vegetasi lahan dan hutan yang terdegradasi.Tetapi menanam pohon saja belum cukup untuk tujuan besar melakukan pemulihan kondisi lahan atau hutan secara lebih luas, yaitu dalam sebuah satuan ekosistem Daerah Aliran Sungai atau DAS. 

“Tahun 2020 ini kegiatan GNPDAS merupakan rangkaian dalam kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia lingkup Provinsi Sumatera Selatan. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan antara lain seminar, lomba-lomba yang berkaitan dengan lingkungan serta rangkaian kegiatan menanam pohon,”paparnya, Jumat (28/11/2020)

Lebih lanjut Siswo mengungkapkan bahwa Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Musi dalam menandai GNPDAS ini membagikan 3000 batang bibit produktif bagi masayarakat OKU Timur. Bibit ini terdiri dari jenis buah-buahan antara lain, Mangga, Jambu, Alpokat, Rambutan, Durian, Sawo dan lain-lain.

“Dalam kondisi saat ini, yang perlu segera kita pulihkan ialah fungsi hidrologi DAS agar kembali sehat dan berkontribusi bagi pencegahan bencana serta peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat. Mengembalikan kondisi vegetasi adalah bagian dari tindakan menyeluruh yang diperlukan,”ungkapnya.

Disamping itu juga, tahun ini BPDASHL Musi telah mendistribusikan lebih dari 79.000 bibit produktif di wilayah Sumatera Selatan, selain itu kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan terus dilaksanakan.

“Terakhir dalam mendukung pemulihan Ekonomi Nasional akibat dampak Covid-19, BPDASHL Musi juga memfasilitasi kegiatan Padat Karya Penanaman Mangrove di Kabupaten OKI dan Banyuasin,”pungkasnya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close