#iniruangkuDaerahHeadLine

Tebing Longsor Di Garut 55 KK Mengungsi

Mediatataruang.com – Garut. Akibat hujan dengan intensitas tinggi, tebing setinggi 400 meter longsor menimpa tujuh rumah warga di Kampung Sawah Jeruk, Desa Sukamulya, Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis, 3/11/2020, sekitar pukul 06.30 WIB. Sedikitnya 55 kepala keluarga (KK) mengungsi akibat tanah longsor yang terjadi

Kapolres Garut, AKBP Adi Benny Cahyono, mengatakan bahwa selain rumah, jalan utama lintas selatan antara Rancabuaya, Kecamatan Caringin-Pangalengan Bandung, tidak bisa dilalui akibat material longsor.

“Ya, tadi jam 06.30 WIB pagi terjadi longsor di Kecamatan Talegong Garut,” ujar Adi.

Saat ini, tim gabungan tengah melakukan proses evakuasi rumah warga yang tertimpa material longsor. Adapun untuk material longsor yang menimpa badan jalan belum bisa dilakukan mengingat masih terjadi pergerakan tanah.

“Untuk warga sudah dievakuasi, namun untuk operasional alat berat belum bisa maksimal karena sampai saat ini masih ada pergerakan tanah,” kata Adi.

Sejauh ini, terdapat puluhan rumah warga dalam kondisi terancam. Untuk sementara, warga diungsikan ke tempat yang lebih aman, khawatir terjadi longsor susulan.

“Jadi ada sekitar 49 rumah yang terancam terdampak longsor,” katanya.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengatakan, terdapat 15 rumah yang tertumbun longsor. Sementara, 40 rumah lainnya terancam.

“Karena tanah terus bergerak, kita ungsikan juga yang terancan untuk antisipasi,” kata dia.

Menurut dia, pengungsi sengaja ditempatkan di SMPN 1 Kecamatan Talegong. Sebab, saat ini kegiatan belajar mengajar (KBM) para siswa tak dilakukan di sekolah. Selain itu, lokasi sekolah juga dekat dengan puskesmas.

“Kita akan dirikan dapur umum,” kata dia.

Helmi menyebutkan, tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Sebab, aparat kecamatan setempat sudah mengantisipasi kejadian tanah longsor itu.**

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close