#iniruangkuDaerahLifestyle

Menikmati Keindahan Alam di Wisata Bukit Senyum

Mediatataruang.com – Bandung. Dari 33 tempat wisata yang dikelola Perhutani KPH Bandung Utara, terdapat 17 tempat wisata berada di Bandung Barat seperti halnya wisata Bukit Senyum. Bandung Barat pun menjadi daerah dengan wilayah hutan terluas yang dimiliki Perhutani KPH Bandung Utara sekitar 10 ribuan hektare.

Seperti diketahui Bukit Senyum berada di kaki Gunung Burangrang, tepatnya di Desa Cipada, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Asal mula penamaan Bukit Senyum karena banyak orang tersenyum ketika berada di bukit tersebut sambil memandang keindahan hutan pinus yang mengelilingi Gunung Burangrang. Karena banyak orang tersenyum maka masyarakat menamainya Bukit senyum.

Kepala RPH Burangrang Selatan BKPH Padalarang Oo Sukmana menyebutkan Bukit Senyum, berada di ketinggian 1.300 Mdpl dengan luas Wana Wisata 5 Ha. Berkat kerjasama Lembaga Masyarakat Desa Hutan dan pihak Perhutani, maka ditatalah bukit ini menjadi salah satu wana wisata di kaki gunung Burangrang.

“Kontur alam Bukit Senyum Burangrang Selatan berada di tengah areal kawasan hutan lindung jenis tanaman pinus yang lebat dan rindang. Hampir bisa dipastikan setiap pengunjung yang datang ke sana tidak akan menyia-nyiakan momen. Sebab, terdapat beberapa titik yang mempunyai pemandangan alam yang indah,”sebutnya saat ditemui di lokasi Bukit Senyum, Rabu (30/12/2020)

Oo mengatakan Perhutani dan LMDH selaku pengelola telah menyediakan fasilitas toilet, mushala, dan tempat makan serta kios-kios. Untuk menikmati makanan disediakan saung yang terbuat dari bambu.

“Secara keseluruhan, tempat wisata alam Bukit Senyum menawarkan keindahan alam yang indah. Belum lagi suhu udara kawasannya yang sejuk dan dingin,”ujarnya.
Untuk tiket masuk, Oo memaparkan tiket masuk ke tempat wisata Bukit Senyum masih dibilang murah dan terjangkau. Tiket masuk sebesar Rp 8.000 sedangkan untuk kendaraan roda emapat sebesar Rp 5.000 dan roda dua Rp 3.000.

“Meskipun murah, tapi masih kurang pengunjung. Kebanyakan pengunjung berasal dari daerah sekitar Bandung Barat. Kadang kadang ada juga dari Purwakarta, Subang dan Kota Cimahi,”paparnya.

Dalam kesempatan yang sama salah seorang pengunjung mengatakan keindahan di Bukit Senyum sangat indah. Tinggal di benahi sedikit demi sedikit agar pengunjung semakin tertarik dengan keindahan alam dan fasilitas yang ada di Bukit Senyum.

“Di Bukit Senyum, pengunjung terkendala dengan penunjuk arah ke lokasi. Pasalnya dari jalan kurang penunjuk arah ke lokasi jadi banyak pengunjung yang kebingungan menuju ke lokasi. Disamping itu juga di pintu masuk tidak ada plang yang menandakan lokasi Bukit Senyum,”pungkas salah seorang pengunjung, Muhammad Fikri asal Kabupaten Bandung Barat, namun demikian masih bisa pandu dengan google map.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close