Daerah

Lestarikan Hutan Cidadap Gununghalu, KPH Bandung Selatan Bersama Ormas dan LSM Gelar Penanaman Pohon

Mediatataruang.com, KBB – Dalam rangka menjaga dan melestarikan hutan, Perhutani KPH Bandung Selatan bersama Ormas dan LSM serta Karang Taruna melakukan penanaman pohon bersama di wilayah Hulu DAS dan Sub DAS Cidadap Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat.

Kepala Adm KPH Bansung Selatan, Tedy Sumarto mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon ini yang di gagas oleh Jawadah (Jaringan Aspirasi Warga Penggiat Daerah). Dan mengapresiasi juga pada para komunitas yang memiliki kepedulian terhadap hutan.

“Penanaman pohon bersama ini sebagai aksi donasi peduli Cidadap asri yang dilakukan oleh ormas dan lsm,”ujar Tedy saat memberikan sambutannya, Sabtu (30/1/2021).

Karena kegiatan ini ditengah pandemi covid-19, lanjut Tedi memaparkan kegiatan ini diusahakan jangan terlalu lama guna menghindari penyebaran covid.

Tedi berharap kegiatan ini jangan sampai hanya disini saja melainkan terus dan terus menanam untuk kelestarian hutan dan jangan lupa menjaga dan memeliharanya.

“Yang susah itu menjaga dan memelihara, maka selain menanam tingkatkan juga memeliharanya, jangan sampai sekarang ditanam esok lusa sudah tidak ada lagi. Kemudian ajak masyarakat untuk melestarikan hutan juga,”ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Camat Gununghalu Hari Mustika mengatakan meskipun ditengah pandemi covid-19, tidak berarti untuk berhenti ikhtiar salah satunya menanam pohon ini. Kami sangat mendukung para komunitas yang sudah peduli terhadap keberlangsungan hutan Cidadap ini.

“Penanaman pohon ini salah satu bentuk ikhtiar untuk melestarikan dan menjaga hutan. Sebelumnya sudah dilakukan penanaman ini. Dan di daerah Cidadap ini yang telah terjadi banjir di tahun 2017. Maka penanaman pohon ini dilakukan dilokasi ini,”ujar Hari kepada media.

“Kami berharap kerjasama antar perhutani KPH Bandung Selatan tetap berjalan harmonis,”tambahnya.

Kegiatan penanam pohon ini mengusung tema ‘Ngajaga Ngariksa Ngamumule Leuweung keur Cidadap’. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Adm KPH Bandung Selatan beserta jajarannya, Dinas Lingkungan Hidup KBB, Camat Gununghalu, Kepala Desa beserta Ormas dan LSM. Kus/Uwo

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close