Daerah

Bantu Ekonomi Masyarakat Desa Hutan, KPH Bandung Selatan Kelola Wisata Curug Sawer

Mediatataruang.com, Bandung – Objek wisata Curug Sawer yang terletak di Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat banyak dikunjungi oleh wisata lokal, hal ini diperlukan setuhan sentuhan baik dari pengelola maupun pemangku kepentingan agar Curug Sawer dapat menarik wisatawan dari luar daerah.

“Curug Sawer kini dikelola oleh Perhutani KPH Bandung Selatan bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wahana Mukti. Curug Sawer berdiri sejak tahun 1978 dengan memiliki luas sekitar 8 hektar yang dikelilingi oleh hutan pinus, sehingga menimbulkan kesan sejuk dan indah,”ujar Asper BKPH Cililin KPH Bandung Selatan, Ayi Muhsin saat ditemui di Kantor KPH Bandung Selatan, Rabu (10/2/2021).

Curug Sawer ini berasal dari aliran sungai Gabus yang mengalir melewati himpitan batuan yang cukup besar. Jika sedang musim hujan Curug Sawer mempunyai aliran air yang cukup deras, berbeda halnya jika musim kemarau maka debit airnya pun menjadi berkurang.

Selain air curug, lanjut Ayi mengatakan di Curug Sawer juga ada juga spot spot untuk perkemahan dan wahana wahana rekreasi yang menarik. Untuk tiket masih terjangkau sekitar Rp 7500 per orang. Rute menuju Curug Sawer Bandung Barat, tidaklah terlalu sulit. Jika bergerak dari Kota Bandung akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam.

Disinggung terkait pengunjung, Ayi menyebutkan karena sekarang masih masa pandemi sehingga pengunjung berkurang per minggu mencapai ratusan pengunjung, kalau sebelumnya cukup lumayan banyak.

Kepala Adm KPH Bandung Selatan mengungkapkan potensi wisata yang ada di Bandung Barat sangat luar biasa, selain tempat wisata Curug Malela ada juga Wahana Wisata Curug Sawer. Untuk meningkatkan para pengunjung pemerintah Kabupaten Bandung Barat akan memperbaiki jalur jalur ke tempat wisata.

Tedy mengatakan dilihat dibagian hulu sungai yang mengalir ke Curug Sawer ini masih terjaga dan terawat. Dalam mengelola Curug Sawer ini pihaknya bekerjasama dengan LMDH. Meskipun pengunjung Wisata Curug Sawer ini banyak dikunjungi wisata lokal, tapi Curug Sawer ini sudah dilirik wisatawan dari luar daerah.

“Awalnya tujuan kami membuka wisata Curug Sawer ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar yang sebagian besar para penyadap getah pinus.,”pungkasnya. Kus

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close