Daerah

Wujudkan Kepedulian Terhadap Lingkungan, GNN Gelar Penanaman Pohon di Green Belt Jatigede

Mediatataruang.com, Sumedang – Para penggiat lingkungan yang tergabung  di Gelap Nyawang Nusantara (GNN) melaksanakan penanaman 10 ribu pohon di Hari Hutan Internasional. Ditanam di Dusun Cisadap, Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Sabtu (20/3/2021).

Ketua Gelap Nyawang Nusantara,  Anwar Hidayat bersama para pengurus Gelap Nyawang Nusantara

“Atas bantuan BPDAS (Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai) Cimanuk-Citanduy memberikan bibit pohon kepada Gelap Nyawang Nusantara dan diterima langsung oleh Kelompok tani Sinar Pohaci berjumlah 10 ribu bibit pohon Sengon untuk ditanam di wilayah masing masing,”ujar Ketua Gelap Nyawang Nusantara,  Anwar Hidayat disela penanaman pohon di Kawasan green belt Jatigede Kecamatan Wado, Sabtu (20/3/2021)

Away sapaan Anwar Hidayat mengatakan aksi penanaman ini merupakan kegiatan rutin gelap nyawang nusantara yang saat ini di wilayah wado, selain melestarikan alam tapi ada sisi sosial misi kami yaitu pemberdayaan masyarakat sekitar hutan.

“Kami berharap gerakan kecil ini semoga menjadi pelopor menginisiasi penggiat lingkungan untuk melakukan yang serupa guna melestarikan alam,”ujarnya.

Kegiatan ini sebelumnya sudah dilakukan seperti halnya di hulu Cibeusi, Cikuda dan Cikeruh. Dan di sejumlah titik di wilayah Green Belt Jatigede telah dilakukan penanaman hampir 10 ribu pohon. Kepedulian Gelap Nyawang Nusantara terhadap lingkungan diwjudkan dengan penanaman pohon.

Dalam kesempatan yang sama pihak perhutani KPH Sumedang mengapresiasi Gelap Nyawang Nusantara dengan pemberian bibit pohon terhadap Kelompok tani Sinar Pohaci untuk di tanam dilahan 22 hektar di Dusun Cisadap.

Sementara masih ditempat yang sama ketua kelompok tani Sinar Pohaci, Sumarna mengucapkan terima kasih kepada Gelap Nyawang Nusantara yang telah memberikan bantuan bibit sengon untuk ditanam di wailayah Dusun Cisadap.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Gelap Nyawang Nusantara atas bantuan bibitnya karena sangat di butuh oleh masyarakat disini. Dan bibit akan saya tanam langsung di lahan kami. Selain itu juga kami akan merawat dan memelihara bibit pohon ini biar tumbuh subur,”pungkasnya. Kus/Uwo

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close