#iniruangkuHeadLine

Saat Penghuni Rumah Sedang Menanti Buka Puasa Diterjang Longsor

Mediatataruang.com, Sukabumi – Tebing setinggi 100 meter dengan panjang 30 meter di areal persawahan yang berada di atas pemukiman alami longsor. Akibatkan beberapa rumah warga di Kampung Awi Lega RT. 3 RW 8 Desa Ginanjar Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi tertimbun tanah longsor pukul 16.00 WIB. Tercatat tiga orang menjadi korban diantaranya balita AB (5) meninggal dunia, M (40) mengalami luka ringan dan A (35) mengalami luka berat, Sabtu, 01/05/2021.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani,membenarkan tentang kejadian tersebut menurutnya hingga saat ini para petugas langsung melakukan evakuasi. Disaat para penghuni sedang berada di rumah untuk mempersiapkan buka puasa bersama keluarganya. Namun, ambruk. Para penghuni rumah tersebut yang tertimpa material longsoran tidak semuanya berhasil menyelamatkan diri.

“Ya betul, telah terjadi longsor yang menimpa satu rumah di Kampung Awi Lega RT.003/RW.008 Desa Ginanjar Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi. Dimana korban sedang berada di dalam rumah untuk mempersiapkan buka puasa bersama keluarganya. Namun, tebing setinggi 100 meter dengan panjang 30 meter ambruk” jelas Anita

Sementara menurut laporan Dedi Supianto (P2BK) Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan Ciambar mengatakan telah terjadi Longsor dengan panjang diperkirakan 30 meter dengan ketinggian 100 meter yang mengakibatkan 3 unit rumah insial A dengan jumlah keluarga 4 jiwa (rumah bangunan tertimbun), inisial UA dengan jumlah keluarga 2 jiwa (rumah bangunan terseret) dan inisial H dengan jumlah keluarga 3 jiwa (terdampak) serta 10 petak sawah warga, 1 unit kendaraan roda dua dan 120 ekor bebek ternak.

Lanjut Dedi menyebutkan terdapat 1 jiwa korban meninggal dan 2 jiwa luka ringan/berat dalam kejadian longsor tersebut yaitu berinisial A (5 tahun) yang merupakan cucu korban A (35 tahun) yang dalam kejadian ini pula mengalami luka berat berasal dari, dari keterangan yang didapat bahwasannya cucu A berasal dari Cihanjawar sedang kunjungan ke neneknya. Sedangakan korban Luka ringan berinisial M (40 tahun).

“Kerugian di taksir mencapai 150 juta rupiah dalam kejadian ini. Korban meninggal dunia langsung dibawa ke keluarganya ke Cihanjawar, sementara korban luka sedang penanganan medis dipuskesmas Ciambar. Sedangakan area longsor diberikan rambu tanda bahaya oleh petugas,”pungkasnya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close