#iniruangkuDaerah

Pembersihan Sampah di Gua Garuda

Mediatataruang.com – Jumat, 9/07/2021, setelah pembukaan dan pelepasan yang dilakukan di kampus masing masing dari 2 MAPALA, yaitu KOMMAPALA Winnetou dari Fakultas Teknik Universitas Riau dan HIMAPEKA WARADIPA dari Universitas Lancang Kuning. Kami tim Ekspeditor yang total berjumlah 26 orang berangkat dari Start Point Homestay KOMMAPALA Winnetou ke Lokasi Ekspedisi Kami di Desa Aliantan, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Perlu diketahui KOMMAPALA Winnetou sendiri sudah melakukan Ekspedisi Gua Riau yang pertama Agustus-Oktober 2020 dan bagi kami Ekspedisi Gua Riau kali ini merupakan Jilid II sedangkan bagi HIMAPEKA WARADIPA merupakan kali pertama bagi mereka untuk ikut serta dalam Ekspedisi ini.

Sesampai-nya di lokasi tim ekspeditor yang berjumlah 26 orang disambut oleh Bapak M. Rois Zakaria SE, selaku  kepala desa Aliantan di aula kantor desa Aliantan. Bapak M. Rois Zakaria SE berpesan agar kegiatan yang kami lakukan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku serta menjaga perilaku dan sikap selama berkegiatan. “Di desa Aliantan sendiri terdapat 11 gua dan 11 air terjun, yang mana hanya beberapa dari gua dan air terjun tersebut yang sudah di Eksplore oleh masyarakat dan warga sekitar” kata Bapak M. Rois Zakaria SE.

Tim melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi Gua Garuda dan sampai pada pukul 18.15 WIB. sesampainya di lokasi tim membagi tugas untuk mendirikan camp dan memasak. Pukul 22.00 WIB tim melakukan briefing singkat untuk mempersiapkan kegiatan esok hari. kegiatan yang akan dilakukan di desa Aliantan yaitu eksplorasi gua dan pemetaan. Adapun gua yang menjadi lokasi kegiatan ini yaitu Gua Garuda dan Gua Kuali. Tim dibagi menjadi 2 yaitu tim eksplor dan tim pemetaan. Tim Pemetaan berjumlah 7 orang dipimpin oleh Natasya Novianti NPW.169/KOM-WIN/’19 dan tim eksplor berjumlah 19 orang dipimpin oleh Husnul Fikri NPW.167/KOM-WIN/’19.

Sabtu, 10/07/2021, kegiatan diawali dengan sarapan dan briefing singkat yang dipimpin oleh korlap Abby Hendriansyah NPW.177/KOM-WIN/’19 dan Ari dari HIMAPEKA WARADIPA. Dari hasil briefing singkat didapat hasil bahwa tim pemetaan memetakan Gua Garuda dan tim Eksplor mengeksplorasi Gua Kuali. Pemetaan Gua Garuda ini dilakukan  oleh Natasya Novianti NPW.169/KOM-WIN/’19 sebagai leader, Deva Lydia Sari NPW.168/KOM-WIN/’19 sebagai shooter, Fuad Rahmat NPW.163/KOM-WIN/’17 sebagai deskriptor dan 3 orang anggota HIMAPEKA WARADIPA yang berperan sebagai pointer dan notulen. Pemetaan dimulai pukul 09.00 WIB, saat tim melakukan pemetaan di Gua Garuda ternyata terdapat sampah-sampah kemasan didalam Gua Garuda. Melihat kondisi ini tim pemetaan berinisiatif untuk melakukan aksi bersih di Gua Garuda. Perlu diketahui bahwa Gua Garuda sendiri merupakan Gua yang sudah dijadikan tempat wisata dan saat ini sedang ditutup dikarenakan pandemi covid-19.

Pemetaan Gua Garuda memakan waktu yang cukup lama dikarenakan begitu banyak lorong dan chamber yang berada di gua tersebut. Pemetaan berlangsung hingga pukul 23.00 WIB dimana gua garuda yang berhasil dipetakan baru sekitar 80%. Sementara itu eksplorasi gua kuali dimulai  pada pukul 10.00 WIB. Eksplorasi Gua Kuali berjalan lancar dan memenuhi target yang telah ditetapkan. Tim eksplor berhasil mendapatkan beberapa data yang diperlukan untuk standarisasi pendataan gua nasional seperti data geografi, data fisik dan data sosial ekonomi & budaya dari Gua Kuali. Eksplorasi Gua Kuali dilaksanakan hingga pukul 17.00 WIB. Setelah melakukan pemetaan dan eksplorasi, tim memutuskan untuk kembali ke camp dan melaksanakan briefing untuk mengevaluasi kegiatan yang berjalan pada hari tersebut.

Minggu, 11/07/2021, kegiatan ini diawali dengan briefing singkat oleh korlap Abby Hendriansyah NPW.177/KOM-WIN/’19 dan Ari dari HIMAPEKA WARADIPA. Dari hasil briefing ditetapkan bahwa tim pemetaan merampungkan pemetaan gua garuda dan gua kuali dan dilanjutkan dengan eksplorasi gua garuda oleh tim eksplor. Pada pukul 09.00 WIB tim pemetaan melanjutkan pemetaan gua garuda hingga pukul 11.00 WIB dan dilanjutkan oleh eksplorasi gua garuda yang dilakukan oleh tim eksplor. Tim pemetaan melanjutkan pemetaan Gua Kuali dengan struktur tim yang cukup berbeda dengan tim pemetaan gau garuda. Setelah Eksplorasi, Pemetaan dan Aksi Bersih Gua dilakukan dan mencapai target yang telah ditentukan, tim ekspedisi gua riau jilid II memutuskan untuk menutup kegiatan ekspedisi ini dengan dihadiri oleh Kepala Desa Aliantan dan Juru Kunci Gua Garuda dan dilanjutkan oleh pemberian plakat kepada Kepala Desa dan Masyarakat Aliantan (*KOMMAPALA WINNETOU dan HIMAPEKA WARADIPA).

Tags

Related Articles

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close