Daerah

Kelompok Tani Apresiasi Program KBR di Wilayah Kerja BPDASHL Cimanuk Citanduy

Mediatataruang.com, Sumedang – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Cimanuk – Citanduy meluncurkan program  Kebun Bibit Rakyat (KBR) yang merupakan salah satu kegiatan untuk mendukung program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) dengan pemberdayaan masyarakat.

KBR dilaksanakan secara swakelola oleh kelompok masyarakat. Bibit hasil Kebun Bibit Rakyat digunakan untuk merehabilitasi hutan dan lahan kritis serta kegiatan penghijauan lingkungan. Hal ini sesuai berdasarkan Peraturan Menteri LHK Nomor 10 Tahun 2021 tentang Kebun Bibit Rakyat.

Kasie Evaluasi BPDASHL Cimanuk Citanduy, Budi Pramono mengatakan untuk program KBR di wilayah kerja BPDASHL Cimanuk Citanduy sekitar 57 kelompok yang terverifikasi. Sedangkan yang mengajukan mencapai 130 kelompok.

“Ini menandakan masyarakat di daerah sangat antusias dengan program KBR ini. Dari 130 kelompok, yang terverifikasi hanya 57 kelompok tersebar di beberapa daerah. Seperti halnya di Kabupaten Sumedang yang terbagi di tiga titik yaitu Tanjung Kerta, Buah Dua, Ujung Jaya,”ungkap Budi.

Ketua Kelompok KBR Surya Mandiri Jaya Desa Bojongloa Buah Dua Sumedang, Ajat Sudrajat didampingi Bendahara Hendra, Senin (29/8/2021)

Dilain pihak, Ketua Kelompok KBR Surya Mandiri Jaya Desa Bojongloa Buah Dua Sumedang, Ajat Sudrajat mengatakan dengan adanya program KBR pihaknya sangat mengapresiasi dan ucapkan terima kasih karena sudah dapat membantu masyarakat.

“Alhamdulillah dengan adanya program KBR ini dapat membantu masyarakat tani dan menciptakan lapangan usaha bagi kaula muda. Kami ucapkan terima kasih kepada BPDASHL Cimanuk Citanduy yang sudah memberikan kesempatan untuk mengelola atau menjalankan program KBR ini,”ujar Ajat saat ditemui dilokasi persemaian Buah Dua Sumedang, Minggu (29/8/2021)

Lanjut Ajat memaparkan untuk KBR Surya Mandiri Jaya saat ini telah menyiapkan bibit Albazia sebanyak 40 ribu lebih yang akan ditanam di lahan seluas 60 Ha.

“Dengan beranggotakan 17 orang, kami akan menanam 40 ribu bibit albazia ini di lahan seluas 60 Ha. Dan mengenai bibit, bibit di KBR Surya Mandiri Jaya sudah bersertifikat,”pungkasnya. Kus/Uwo

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close