#iniruangkuHeadLine

Sampah TPS Gedebage membludak, Dimana Peran Pemkot Bandung

Mediatataruang.com, Bandung – Persoalan sampah di tempat pembuangan sampah (TPS) Gedebage Kota Bandung tidak tuntas tuntas. Hingga kini sampah tersebut semakin menggunung dan melebar menutupi akses jalan. Hal ini menjadi sorotan penggiat lingkungan dan mempertanyakan dimana peran pemerintah Kota Bandung.

Ketua FK3I Jawa Barat sekaligus Ketua Dewan Daerah Walhi Jabar, Dedi Kurniawan menyayangkan peran Pemkot Bandung serta PD Pasar yang acuh terhadap kondisi TPS Gedebage yang berasal dari 4 kecamatan.

“Kondisi saat ini di TPS Gedebage menggunung dan melimpah hingga akses jalan dan ruang bawah sutet yang harusnya jadi lokasi Penghijauan,”ujar Dedi dalam surat tertulisnya, (30/8/2021).

Dari pantauan kami, lanjut Dedi mengatakan ada ketidakseriusan Pemkot dalam pengangkutan serta adanya indikasi pengelolaan yang gagal dilakukan.

“Dari data yang ada pungutan warga dan pedagang tidak pernah putus namun kinerja pengangkutan melemah dan terkesan dibiarkan agar jadi proyek pengelolaan pihak ketiga. Itu baru kecurigaan saya,”ungkapnya.

Dedi memaparkan menanggapi hal ini saya, meminta Pemkot Bandung segera bertindak untuk
1.menyelesaikan dan mengesankan gunung sampah
2.menata ulang lokasi TPS
3.Intensif membangun pemahaman dan kesadaran masyarakat
4 dan menelusuri regulator yang sering merangkap eksekutor.

“Sampah yang jika dikelola akan menjadi nilai manfaat tinggi ini sangat disayangkan diabaikan. Maka kami FK3I Jabar akan melakukan gugatan pembiaran yang lama dan terus menerus,”pungkasnya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close