#iniruangkuDaerah

World Cleanup Day (WCD) 2021 KBB akan Dipusatkan Di Desa Kertawangi

Mediatataruang.com – KBB, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Provinsi  Jawa Barat, mendukung penuh kegiatan World Cleanup Day (WCD) 2021 atau aksi bersih-bersih se-Dunia yang dilaksanakan Minggu, 19 September 2021 yang dipusatkan di Rest Area Pesona Burangrang, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

WCD 2021 yang digagas oleh komunitas pegiat lingkungan hidup KABUT INDONESIA mengajak seluruh lapisan masyarakat, unsur MUSPIKA dan Komunitas Lingkungan Hidup di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Dengan tema ‘Bersatu untuk Indonesia Bersih melalui Pilah Sampah dari Rumah“. 

“WCD adalah event Akbar yang di peringati di seluruh Indonesia, untuk KBB akan dirayakan tersentral di wilayah desa kertawangi Cisarua dengan konsep DARING dengan Menggunakan platform zoom meeting dengan peserta 16 kecamatan dan 165 desa yang dipimpin langsung oleh Plt. Bupati Bandung Barat dan influenzer lingkungan hidup, Steve Ewon,” ujar Kang Joy KABUT INDONESIA, saat dikonfirmasi Kamis, 16/09/2021.

Sementara itu, Brand Ambassador KABUT INDONESIA, Steve Ewon mengatakan, untuk membangun gerakan masyarakat dalam mewujudkan Kabupaten Bandung Barat Bersih harus dimulai dari individu-individu .

“Dalam mewujudkan Bandung Barat Bersih adalah dengan membangun sebuah gerakan. Momentum WCD diharapkan menggugah masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih. Seperti Desa Kertawangi yang menjadi salah satu pilot project gerakan hidup bersih melalui gerakan Kampung Kurang Sampah. Dimana masyarakat kami secara bertahap telah menyadari akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat,” ujar Steve Ewon, atau kerap disapa Kang Ewon, sekaligus Kepala Desa Kertawangi.

Menurut Kang Ewon, dalam pada masa pandemi seperti saat ini, Kampanye “Pilah Sampah Dari Rumah” melalui platform zoom meeting sangat efektif. Pasalnya, apa yang disampaikan dan dilaksanakan tetap dipertanggungjawabkan melalui pelaporan dengan menggunakan google form yang disediakan KABUT INDONESIA.

“Kegiatan dengan tema Bersatu untuk Indonesia Bersih sangat relevan dengan kondisi wabah pandemi Covid-19,” ujar dia.

Ia menambahkan, kegiatan WCD di Indonesia telah sukses dilaksanakan sejak 2018. Momentum WCD tahun ini sangat mendorong peningkatan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah.(Uwo)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close