#iniruangkuHeadLine

Pemkab KBB Apresiasi Perayaan WCD 2021 di Pesona Burangrang Kertawangi Yang Diinisiasi Kabut Indonesia

Mediatataruang.com – Bertepatan dengan hari World Cleanup Day (WCD) 2021 atau hari bersih bersih sedunia, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat mengadakan kegiatan bersih-bersih di wilayah se Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang tersentral di wilayah desa kertawangi Cisarua dengan konsep DARING dengan menggunakan platform zoom meeting dengan peserta 16 kecamatan dan 165 desa yang dipimpin langsung oleh perwakilan Plt. Bupati Bandung Barat, Minggu (19/9/2021)

Kegiatan WCD 2021 ini, digagas oleh komunitas pegiat lingkungan hidup KABUT INDONESIA yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup KBB dan Desa Kertawangi. Hadir dalam acara tersebut Ibu Plt Bupati KBB, Kepala Dinas LH KBB, Danramil Cisarua, Kepala Cabang Bjb KBB, Camat Cisarua, Kades Kertawangi, Karang Taruna, dan Komunitas Pemburu Sampah.

Ibu Plt Bupati KBB, Sonya Fatmala mengungkapkan permohonan maaf karena Plt Bupati berhalangan hadir. Ia mengatakan kegiatan ini sesuai dengan surat edaran dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat yang menyebutkan bahwa Kabupaten Kota harus mendukung perayaan World Cleanup Day 2021 dengan tema ‘Bersatu untuk Indonesia Bersih melalui Pilah Sampah dari Rumah’.

“Mohon maaf karena Plt Bupati tidak bisa hadir diacara ini, jadi diwakili oleh saya. Sebagai tindak lanjut surat Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jabar, pemerintah KBB siap memfasilitasi kegiatan WCD ini dengan bentuk partisipasi masyarakat di seluruh Desa masing masing RW dengan melakukan bersih bersih secara serempak,”ujarnya.

Sonya mengatakan momentum WCD ini diharapkan menggugah masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih dan biasakan memilah sampai di rumah agar tiadak repot lagi di TPS.

“WCD ini acara yang sungguh luar biasa tapi jangan hanya acara ini saja, mari kita pilah sampah dari rumah. Untuk itu saya minta kegiatan ini bisa ditanamkan di hati masing masing sebagai upaya menjaga lingkungan dan menjaga alam,”paparnya.

Ketua Kabut Indonesia Beny Rubini

Sementara dalam kesempatan yang sama, Ketua Kabut Indonesia Beny Rubini, S.E., M.M., mengatakan Kabut Indonesia merupakan komunitas yang peduli lingkungan, di acara ini kami bekerjasam dengan pemerintah KBB melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Desa Kertawangi serta Kecamatan.

“Sejak awal berdirinya Kabut Indonesia, dari awal aksi pilah sampah telah kami lakukan dan kami sosialisasikan di masyarakat, namun fakta dilapangan ternyata kegiatan kami tidak bisa dilaksanakan oleh komunitas saja, tetapi harus menggandeng pemerintah desa dan kecamatan serta jaringan pemerintah daerah melalui dinas Lingkungan Hidup Kabupaten,”pungkasnya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close