#iniruangkuHeadLine

KLHK Launching Peta Mangrove

Mediatataruang.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan saat ini ditetapkan sebagai Wali Data Informasi Geospasial Tematik, berdasarkan SK Kepala Badan Informasi Geospasial Nomor 38 Tahun 2021 tentang Wali Data Informasi Geospasial Tematik.

Salah satu peta tematik yang menjadi mandate KLHK adalah Peta Mangrove Nasional skala 1:25.000
Peta Mangrove Nasional telah disusun secara bertahap sejak Tahun 2013 untuk wilayah Jawa. Dilanjutkan pada tahun 2014 untuk wilayah Sumatera. Kemudian tahun 2015 hingga tahun 2018 dilaksanakan berturut-turut untuk wilayah Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku, Kalimantan. Pada tahun 2019 disusun Peta Mangrove Nasional untuk wilayah Papua.

Pemutakhiran Peta Mangrove Nasional dirasakan sangat penting untuk dilaksanakan setiap tahun, mengingat adanya perubahan tutupan mangrove yang cukup dinamis dalam beberapa tahun terakhir. Data terbaru terkait keberadaan dan sebaran mangrove telah ditunggu oleh banyak pihak.

Dalam melaksanakan pemutakhiran Peta Mangrove Nasional Tahun 2021, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melibatkan banyak pihak terkait, antara lain Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang tergabung dalam Kelompok Kerja Rehabilitasi Mangrove serta Tim Quality Control dan Operator GIS. (*@ditjen_pdasrh )

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close