#iniruangkuHeadLine

Fungsi Brandgang Semakin Semakin Ditinggalkan

Mediatataruang.com – Brandgang merupakan salah satu elemen perumahan yang memiliki fungsi yang cukup penting. Brandgang dikenal juga sebagai jalan setapak atau gang yang biasa terdapat di bagian samping dan belakang rumah, sekaligus menjadi pemisah antara rumah satu, menjadi saluran limpasan air hujan dari rumah dan yang lainnya.

Namun, keberadaan brandgang saat ini penerapannya cukup sulit ditemukan, terutama di kawasan- kawasan padat penduduk seperti perkotaan. Saat sekarang, lahan- lahan diperkotaan semakin terbatas dan cenderung berhimpitan serta hampir tidak ada lagi yang namanya brangang baik disamping dan belakang rumah.

Sebagai konsekwensi dari kondisi diatas, seringkali terjadi perselisihan antar penghuni rumah karena hal-hal sepele, seperti limpasan air hujan yang mengucur dari atap rumah lebih tinggi, ataupun kejadian pada saat salah satu rumah yang berhimpitan dindingnya retak saat ada renovasi.

Berdasarkan hal Riel yang terjadi, setidaknya terdapat tiga fungsi utama mengapa keberadaan brandgang menjadi sangat diperlukan dan penting di kawasan perumahan.

Fungsi Pertama, dilihat dari sisi konstruksi, brandgang berfungsi untuk menghindari agar bangunan tidak terjadi retakan atau patah (crack). Setiap rumah yang dibangun biasanya memiliki kedalaman fondasi yang berbeda- beda. Jika rumah dibangun secara berimpitan, pada saat terjadi kondisi penurunan permukaan tanah otomatis akan berisiko terhadap keretakan atau patahnya struktur bangunan yang ada di samping kanan dan kirinya. Kondisi saat ini banyak praktik brandgang diabaikan. Bahkan, sudah menjadi kebiasaan pengembang perumahan yang membangun rumah secara berderet, tetapi tidak membuat brandgang di setiap rumah.

Fungsi Kedua, brandgang berfungsi sebagai jalur evakuasi darurat yang sangat berguna terutama pada saat terjadi kebakaran.
Jalur evakuasi tersebut dapat digunakan sebagai akses agar dapat memudahkan petugas pemadam kebakaran ketika melakukan evakuasi dan memadamkan api. Jadi berfungsi semacam short cut agar cepat menangani musibah kebakaran

Fungsi Ketiga, brandgang adalah sebagai sodetan air atau selokan. Pada umumnya, brandgang dijadikan dalam bentuk dua hal, jalan setapak yang bisa dilalui atau saluran pembuangan air. Air limpasan dari atap rumah dapat ditampung dan dialirkan melalui saluran brandgang ke saluran sekundernya. Demikian juga difungsikan sebagai jalan setapak akses perumahan terbatas.

Upaya melihat kembali design permukiman khususnya pada kawasan perumahan saat ini bahwa fungsi brandgang menjadi sangat penting untuk diperhatikan dan dilakukan agar bisa mengembalikan fungsi saluran dan aset serta mengatasi permasalahan kota besar yang sudah berdempetan perumahannya karena minimnya lahan dan pertumbuhan penduduk yang cepat. Upaya melihat fungsi positif dari hal ini agar genangan air yang masih terjadi tiap kali terjadi saat hujan deras dengan intensitas tinggi dan lama dapat tereduksi dengan adanya brandgang.(*)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close