#iniruangkuHeadLineKajian

Alihfungsi Lahan Yang Berakibat Bencana

Mediatataruang.com – Kata orang orang tua dulu musin penghujan adalah pertanda kedatangan rezeki yang berlimpah, untuk itu bukan satu Hal yang aneh ketika di zaman itu banyak hati yang bergembira saat musim penghujan tiba.

Akan tetapi memang itu hanyalah kisah masa lalu yang terjadi di negeri Kita tercinta yang gemah ripah lohjinawi ini.

Hari ini yang terjadi adalah musim hujan menjadi awal kewaspadaan untuk Terjadinya Bencana bencana Kemanusiaan.

Belum lama ini seperti yang Kita tahu apa yang terjadi Kabupaten Batu Dan juga Kabupaten Bandung Barat (Cililin Dan cikole), bagaimana curah hujan tinggi yang datang di wilayah tersebut tidak mampu lagi diserap oleh alam kemudian dia meluap ke jalan jalan, untuk memporak porandakan apa yang ada di sekitarnya termasuk rumah rumah warga.

Tidak dapat dipungkiri melemahnya Daya serap alam terhadap curah hujan yang tinggi dikarenakan dengan semakin berkurangnya Kawasan hutan di wilayah wilayah tersebut.

Kawasan Batu Dan juga cikole Lembang seperti yang Kita tahu sudah sejak lama menjadi syurganya investasi property property mewah, yang berimbas pada alih fungsi kawasan Kehutanan.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan melemahnya Daya serap alam terhadap curah hujan.

Tentunya Hal ini harus segera menjadi kesadaran Kita bersama, sebelum memang alam semakin enggan bersahabat dengan Kita yang masih berharap menjadikannya ruang kehidupan.

Tentu Kita sangat rindu pada keriang gembiraan di setiap datangnya musim penghujan, bukan justru kewaspadaan yang membuat Kita lupa akan nikmat syukur dari Sang Pencipta.(*)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close