#iniruangkuHeadLine

Catat, Penyuluh Pertanian Itu Penting!

Mediatataruang.com – Pernyataan “pembangunan pertanian tanpa penyuluhan pertanian sama saja dengan bohong”, kelihatan nya cukup menarik untuk dibahas lebih lanjut. Sebagai pendidikan non formal, penyuluhan pertanian memiliki cita-cita mulia guna mewujudkan kehidupan petani yang sejahtera.

Diawali dengan tercipta nya perubahan sikap, lalu tindakan dan wawasan, penyuluhan pertanian akan menghantarkan petani beserta keluarga nya menuju perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Tugas dan tanggungjawab penyuluh pertanian, memang seperti itu.

Sayang nya, nilai-nilai filsafati dalam paradigma penyuluhan pertanian sebagaimana yang digambarkan diatas, tampak nya tidak dipahami secara utuh oleh kita bersama. Masalah nya, tentu akan semakin menjelimet tatkala mereka yang diberi amanah sebagai penentu kebijakan di bidang penyuluhan pertanian pun, banyak yang tidak faham terhadap semangat filsafati diatas.

Di sisi lain, kita juga memahami, petani adalah bagian dari warga bangsa yang sering dijuluki sebagai pahlawan pangan. Sekali pun petani tidak pernah memperoleh tanda jasa dari Negara, namun keheroikan petani dalam membangun bangsa, tidak perlu diragukan lagi.

Sekali pun tanpa imbalan, petani tetap ikhlas memberi makan orang-orang perkotaan, yang setiap hari membutuhkan nasi untuk kebutuhan konsumsi keseharian nya. Kerelaan petani menjalankan kiprah yang demikian, tentu nya patut ditiru. Bayangkan kalau petani melakukan aksi mogok bercocok-tanam ? Siapa yang akan memberi makan mereka.

Tanpa pamrih, berbuat yang terbaik bagi sesama dan menyayangi sesama anak bangsa, kini menjadi hal yang cukup sulit dilakukan dalam nilai-nilai kehidupan yang semakin sofistikasi. Sekarang ini, orang-orang lebih suka memikirkan nasib diri nya sendiri ketimbang harus memikirkan orang lain.

Tidak ada lagi rasa senasib dan sepenanggungan sebagai anak bangsa. Kesetia-kawanan terlihat semakin sukar ditemukan dalam kehidupan. Perkawanan itu hanya tumbuh ketika mereka mengejar kepentingan yang sama. Namun bila kepentingan itu berbeda, maka yang terjadi akan saling menyudutkan.

Inilah yang semakin menyedihkan. Falsafah dasar penyuluhan pertanian adalah berjuang keras untuk mendidik para petani agar tidak terbius oleh hal-hal yang dijelaskan diatas. Petani dengan kesahajaan yang melekat dalam diri nya, diharapkan mampu membentengi diri dengan sikap-sikap yang terpuji selaku anak bangsa yang merdeka.

Petani meyakini benar, tanpa ada nya penyuluhan pertanian, nasib dan kehidupan nya, pasti akan sulit untuk berubah. Hal ini dapat dimaklumi, karena di mata petani, penyuluh pertanian itu adalah seorang guru yang pantas untuk diikuti dan ditiru apa-apa yang diajarkan nya.

Resiko nya, para penyuluh pertanian, tentu harus selalu mengasah diri, agar mereka tidak kalah pintar dengan petani. Berbagai inovasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, tentu harus dikuasai, sehingga para penyuluh pertanian tetap memiliki nilai lebih dibandingkan para petani.

Proses penyuluhan pertanian yang ditempuh dengan pembelajaran, pemberdayaan dan pemartabatan, pada dasar nya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari upaya untuk mempercepat terwujud nya kesejahteraan petani. Penyuluh pertanian harus mampu mendatangkan kemakmuran sekaligus menenggelamkan kemiskinan para petani.

Posisi sebagai guru yang melekat dalam diri seorang penyuluh pertanian, betul-betul merupakan tugas yang sangat mulia dalam merubah wajah petani ke arah yang lebih baik lagi. Bersama para penyuluh pertanian inilah, gambaran kemiskinan yang mewarnai kehidupan petani harus segera dirubah menjadi gambaran kemakmuran.

Bukan hanya berperan sebagai guru, seorang penyuluh pertanian pun dituntut untuk mampu menjadi pembawa suluh/obor yang akan menerangi kegelapan kehidupan para petani. Sebagai sosok yang mempunyai peran untuk merubah suasana kehidupan ke arah yang lebih ceria, penyuluh pertanian, mestilah mampu memberi pencerahan kepada para petani, terkait dengan kepantasan hidup di Tanah Merdeka.

Penyuluh pertanian harus memberi fakta kehidupan yang terjadi di sekitar nya. Petani penting dijelaskan siapa yang disebut dengan penikmat pembangunan dan siapa pula yang dikatakan sebagai korban pembangunan. Atas hal yang demikian, penyuluh pertanian ditantang untuk mampu membawa petani menjadi penikmat pembangunan.

Penyuluh adalah guru sekaligus penerang kegelapan yang selama ini menyelimuti kehidupan petani. Berbagai masalah yang dihadapi, jelas hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi para penyuluh pertanian. Kita percaya, para penyuluh pertanian akan mampu mencarikan solusi nya. Kita juga optimis, kesejahteraan petani akan semakin membaik, karena para penyuluh nya semakin giat berkiprah. Yang pasti, penyuluhan pertanian itu penting. (*Entang Sastaatmadja).

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close