#iniruangkuHeadLine

Pegiat Perhutanan Sosial Deklarasikan AP2SI di Jawa Barat

Mediatataruang.com – Asosiasi Penggerak Perhutanan Sosial (AP2SI) adalah Lembaga yang menghimpun pendamping kelompok perhutanan sosial dari penggarap langsung hingga pengurus.

Ketua FK3I Jabar, Dedi Kurniawan mengatakan sejumlah 17 Provinsi telah melaksanakan Deklarasi secara Nasional di Jakarta pada tanggal 26 November 2019 lalu. Dan ini juga telah mendorong serta memfasilitasi Deklarasi di 5 provinsi dan targetnya di bulan ini, sejumlah daerah (17 provinsi) melakukan deklarasi.

“Visi AP2SI adalah memperkuat marwah perhutanan sosial terimplementasikan dari mulai akses kelola, akses produksi dan akses niaga,”ujar Dedi

Kabid  Peningkatan kapasitas dan Keorganisasian melihat AP2SI akan selektif dalam menerima anggota anggota kelompok perhutanan sosial yang mempunyai Visi Misi yang sama.

Ketua AP2SI Pusat Roni Usman mengatakan kita akan memperkuat 3 Aspek tersebut diatas. Hal ini juga akan melibatkan pihak LHK, Perhutani jika di Jawa Barat, KPH jika diluar Jawa Barat serta pemerintah daerah baik Kota Kabupaten sampai provinsi hingga pemerintah desa.

“Tak hanya itu, kita juga akan menggandeng para Opteker yang sesuai dengan Visi Misi AP2SI. Harus berkeadilan dan akses ini secara muni harus menjadi akses kelola rakyat,”imbuhnya.

Adam dari Walhi Nasional mengatakan Perhutanan Sosial Harus sejalan dalam konteks pengelolaan wilayah kelola rakyat yang telah walhi gagas sejak lama.

Dalam kesempatan ini Perhutanan sosial sebagai program Pemerintah dalam implementasinya harus menganut azas berkeadilan melalui skema pengelolaan Wilayah kelola rakyat.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close