#iniruangkuHeadLineNasional

Gerbang Tol Gedebage Kota Bandung Masih Belum Dibuka, Ini Masalahnya

Mediatataruang.com – Hingga saat ini gerbang tol KM 149 di ruas Tol Purbaleunyi atau yang kerap disebut gerbang tol Gedebage Kota Bandung masih belum dibuka juga.

Seperti diketahui sebelumnya, menurut Kepala Bappelitbang Kota Bandung, Wali Kota Bandung sudah melayangkan surat ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU PR) agar akses gerbang Tol Gedebage itu segera dibuka.

Kata Anton, pembukaan ini sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan kawasan Bandung Timur. Kemen PU PR diharapkan memahami maksud dan tujuan dari kebutuhan akses tol KM 149.

“Kalau memang sudah dipahami kebutuhannya bahwa ini untuk pemulihan ekonomi dan destinasi wisata Bandung Timur, mudah-mudahan Pemerintah Pusat bisa menyetujui dan memahaminya. Karena ini proyek bersama, punya warga Kota Bandung,” katanya.

Anton mengungkapkan, pihaknya berharap akses gerbang tol KM 149 itu bisa dibuka dan dioperasikan pada Desember tahun ini.

“Targetnya untuk pembukaan (akses tol KM 149) dulu sampai akhir Desember. Mudah-mudahan sudah bisa terbuka. Dari situ kita bisa lakukan aktivitas-aktivitas yang tadi direncanakan sebagai pemulihan ekonomi,” harapnya.

Berdasarkan keterangan dari Direktorat Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR masih menyimpan masalah masalah yang belum terselesaikan sehingga jalan akses gerbang tol KM 149 atau gerbang tol Gedebage Kota Bandung sebagai berikut :

1. Permasalahan Administrasi

a. Mengacu PP Nomor 15 tahun 2005, diatur bahwa jalan tol dapat dihubungkan dengan jalan penghubung yang merupakan jalan umum dan mempunyai fungsi minimal kolektor, sementara jalan eksisting masih merupakan jalan kawasan;

b. Belum dilakukan Uji Laik Fungsi jalan tol;

c. Belum dilakukan serah terima lahan milik pemprov maupun swasta (PT MPP);

d. Belum diserahkan teriam aset kontruksi yang dibangun PT MPP dan BBPJN VI Jakarta-Jawa Barat;

e. Masih terdapat tanah sengketa yang berada pada area kontruksi PT Mahkota Permata Perdana (PT MPP);

f. Masa berlaku penetapan lokasi telah berakhir per 31 Desember 2016

2. Permasalahan Teknis

a. Belum ada gerbang tol dan alat transaksi

b. Jalan akses Gedebage uang merupakan jalan kawasan PT Sumareccon yang dihubungkan dengan jalan akses tol memiliki lebar 6 meter, sehingga bila jalan akses tol diopersikan akan menimbulkan permasalhan lalu lintas (bottle neck) baik dari sisi geometri maupun daya dukungnya

c. Jalan akses Gedebage yang dihubungkan dengan jalan akses tol harus dapat mengakomodir semua golongan kendaraan, sehingga perlu dilakukan peningkatan/pengembangan

d. Pemerintah provinsi belum melakukan pembebasan lahan segmen jalan akses Gedebage Simpang Jalan Soekarno-Hatta seluas kurang lebih 9,5 Ha yang ditargetkan selesai tahun 2021 mengacu kesepakatan bersama kementerian PUPR, Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung Nomor 04.1/PKS/M/2019,119/776.2/Pemksm/2019 dan 119/2700-Bag.KS;

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close