#iniruangkuHeadLine

Masalah Teknis Perlu Diselesaikan, DPRD Kota Bandung Folmer Silalahi Sebut Jalan Tol Gedebage KM 149 Belum Layak Dioperasikan

Mediatataruang.com – Kebutuhan pembangunan kota terutama Bandung Timur yang awalnya merupakan kawasan pesawahan atau pertanian.

Dengan demikian penataanya harus sesuai aspek aspek yang sudah di tetapkan dalam peraturan.

Kini kawasan Bandung Timur tersebut sudah banyak pembangunan seperti halnya pembangunan Summarecon dan kini baru selesai pembangunan jalan tol Gedebage exit Tol KM 149.

Dengan adanya tol gedebage yang paling diuntungkan adalah wilayah setempat salah satunya summarecon. Maka summarecon harus berperan serta dalam pembangunan perkembangan jalan.

Hingga saat ini gerbang tol KM 149 di ruas Tol Purbaleunyi atau yang kerap disebut gerbang tol Gedebage Kota Bandung masih belum dibuka juga. Sebelumnya dikabarkan akan dibuka bulan Desember 2021.

Anggota DPRD Kota Bandung dari Fraksi PDI Perjuangan Folmer Silalahi mengatakan hingga saat ini pembukaan gerbang Tol Gedebage muasih menyimpan masalah masalah yang belum terselesaikan.

“Saya lebih cenderung di permasalahn teknis, soalnya jalan tol gedebage ini harus dilihat dulu keandalannya, keamanannya dan kenyamanan serta keselamatan,”ujar folmer saat di temui.

Sehingga jalan akses gerbang tol KM 149 atau gerbang tol Gedebage Kota Bandung masih belum dibuka. Masalah yang dominan yakni masalah teknis, diantaranya :

a. Belum ada gerbang tol dan alat transaksi

b. Jalan akses Gedebage yang merupakan jalan kawasan PT Sumareccon yang dihubungkan dengan jalan akses tol memiliki lebar 6 meter, sehingga bila jalan akses tol diopersikan akan menimbulkan permasalahan lalu lintas (bottle neck) baik dari sisi geometri maupun daya dukungnya

c. Jalan akses Gedebage yang dihubungkan dengan jalan akses tol harus dapat mengakomodir semua golongan kendaraan, sehingga perlu dilakukan peningkatan/pengembangan

d. Pemerintah provinsi belum melakukan pembebasan lahan segmen jalan akses Gedebage Simpang Jalan Soekarno-Hatta seluas kurang lebih 9,5 Ha.

Oleh karena itu kami menyatakan bahwa bahwa exit tol gedebage belum laik dijadikan jalan tol yang menghubungkan wilayah setempat dengan BiUTR.

Sekali lagi saya sebutka bahwa pembangunan jalan tol Gedebage Kota Bandung masih belum laik untuk dioperasikan, sebab masih menyimpan masalah masalah yang harus diaelesaikan. **

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close