Daerah

Perhutani KPH Bandung Utara Bimbing Mahasiswa IPB Dalam Praktek Pengujian dan PUHH

Mediatataruang.com – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara memberikan materi Pengujian dan Tata Usaha Hasil Hutan (TUHH) kepada Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kegiatan ini dilaksanakan di Tempat Pengumpulan Kayu (TPK) Cikalong Wetan Resort Pangkuan Hutan (RPH) Cikalong Wetan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Padalarang, Rabu (5/1/2022).

Rombongan Mahasiswa didampingi oleh Asisten Perhutani (Asper) Kepala BKPH Padalarang Doni Suhartondo dan Kepala TPK Dedi.

Administratur KPH Bandung Utara Usep Rustandi melalui Asper BKPH Padalarang Doni Suhartondo menyampaikan materi kepada Mahasiswa menjelaskan bahwa lokasi TPK Cikalong Wetan mempunyai keluasan area sekitar 0,60 hektar.

TPK Cikalong Wetan dapat menampung sampai 1.000 m3 volume kayu per sekali tebangan.

“TPK adalah metode penampung kayu secara konvensional yang dimiliki oleh Perhutani KPH Bandung Utara yang berlokasi di Desa Cikalong Kecamatan Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat,” jelas Suhartondo.

Salah satu Mahasiswa praktek Resa mengatakan bahwa ia baru pertama melihat bagaimana proses penampungan kayu Jati.

Ia juga sangat mengapresiasi Perhutani karena telah banyak melibatkan tenaga kerja dari masyarakat desa sekitar hutan melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

“Dan ini sangat membantu pada kegiatan kemitraan Perhutani dengan masyarakat sekitar hutan serta memberikan dampak sosial ekonomi masyarakat setempat dan keamanan kawasan hutan yang ada di pangkuan desa dan LMDH-nya,” ujarnya.

Sumber (Kom-PHT/Bdu/Dan)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close