#iniruangkuHeadLine

Tol Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi-Rancakalong Sepanjang 11,45 KM Beroperasi Hari Ini

Mediatataruang.com – Proyek Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan)sudah cukup lama dimulai. Awal perencanaan dimulai pada 2005 silam, dan groundbreaking pada November 2012.

Kini Tol Cisumdawu bakal beroperasi hari ini, Senin 24 Januari 2021. Yakni Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi-Rancakalong sepanjang 11,45 kilometer (km).

“Seksi 1 aja (yang baru beroperasi),” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian. (dikutip detikcom)

Tol Cisumdawu dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Tol Cisumdawu Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) untuk menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Tol Cisumdawu Seksi 3-6 dibangun oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dengan nilai investasi Rp 8,41 triliun.

Berdasarkan rangkaian kegiatan pengoperasian Tol Cisumdawu Seksi I yang diterima detikcom, peresmian akan dihadiri oleh pihak PT CKJT, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan perwakilan Kementerian PUPR.

Proyek Tol Cisumdawu sudah cukup lama dimulai, bahkan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Awal perencanaannya dimulai pada 2005 silam, hingga akhirnya dilakukan groundbreaking pada November 2012.

Saat itu, jalan bebas hambatan tersebut ditargetkan rampung pada 2014. Kemudian target penyelesaiannya terus berubah-ubah mulai dari 2019, 2020, 2021, dan akhirnya besok bisa beroperasi.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close